Analisis Perkembangan Bisnis Online Mahasiswa Karawang Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Authors

  • Hannie Hannie Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dini Sri Istiningdias Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ultach Enri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.25273/research.v4i1.7826

Keywords:

Bisnis online, Customer Satisfaction Index, Mahasiswa, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Saat ini banyak mahasiswa melakukan usaha bisnis pada masa perkuliahan. Masa kuliah adalah masa yang tepat bagi mahasiswa untuk memulai usaha bisnis karena mahasiswa dapat belajar langsung menghadapi tantangan dunia kerja. Berbekal kreativitas, peluang dan keberanian dalam mengambil resiko maka mahasiswa dapat melakukan usaha bisnis online untuk memasarkan produknya lebih luas. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur perkembangan bisnis online di kalangan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Atribut pelayanan jasa dapat dijadikan masukkan dalam meningkatkan bisnis online mahasiswa dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibagikan secara online menggunakan Google Form. Metode pengambilan sample yang digunakan yaitu metode nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, dimana teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria yaitu mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dan mempunyai usaha bisnis. Uji pengolahan data menggunakan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Perhitungan Customer Satisfaction Index menunjukkan hasil sebesar 74,49 %. Hasil tingkat kepuasan diantara 66 % - 80 % menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan perkembangan bisnis online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018,†https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018, 2018. [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei2017. [Accessed: 18-Mar-2018].

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang, “Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan di Kabupaten Karawang,†https://karawangkab.bps.go.id/, 2016. [Online]. Available: https://karawangkab.bps.go.id/statictable/2016/10/27/55/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-di-kabupaten-karawang-2010-2014-dan-2015.html. [Accessed: 20-Mar-2018].

S. Husna and A. Syukri, “Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja,†J. Ilm. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, pp. 103–111, 2014.

T. Chandra and D. Novia, “Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION USING CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) AND IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) METHOD IN ‘JAKARTA’ OPTICAL PEKANBARU,†vol. 7, no. 2, pp. 125–139, 2019.

A. Suhendra and D. W. I. Prasetyanto, “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis,†vol. 2, no. 2, pp. 59–70, 2016.

R. W. Griffin and R. J. Ebert, Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenhallindo, 2009.

R. R. Situmeang, F. Ekonomi, U. Prima, and I. Medan, “DAMPAK BISNIS ONLINE DAN LAPANGAN PEKERJAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT ( STUDI KASUS JASA BISNIS ONLINE TRANSPORTASI GRAB DI KOTA MEDAN ) Pergerakan Ilmu Pengetahuan sangat menentukan berubah atau tidaknya peradaban manusia , dimana manusi,†vol. 03, no. September, pp. 319–335, 2018.

S. Moertiningsih, “Dasar-Dasar Demografi,†Lemb. Demogr. UI, 2010.

R. Nugraha, A. Harsono, and Adianto, “UsulanPeningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel ‘X’ Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang).,†J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 1, no. 3, pp. 221–231, 2014.

Sugiyono, STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. 2010.

E. Riadi, Statistika Penelitian (Analisis Manual Dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI, 2016.

W. V Sujarweni, “Metode dan Teknik Penelitian,†Metod. Penelit., 2014.

Sudarno, A. Rusgiyono, A. Hoyyi, and Listifadah, “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjung,†Media Stat., vol. 4, no. 1, pp. 33–45, 2011.

S. Randall, E. Coast, and T. Leone, Cultural constructions of the concept of household in sample surveys, vol. 65, no. 2. 2011.

A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro, 2014.

D. Fitriana, Florencia, J. U. Dwi, and Tanto, “Pengukuran Kepuasan Kontraktor Terhadap Kinerja Klien Pada Proyek Konstruksi Swasta,†J. Karya Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 283–295, 2014.

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-14

How to Cite

Hannie, H., Istiningdias, D. S., & Enri, U. (2021). Analisis Perkembangan Bisnis Online Mahasiswa Karawang Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/research.v4i1.7826

Issue

Section

Articles