STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v3i1.21241Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan strategi guru untuk mengelola kelas meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan guru kelas V SDN Sukosari 02 Dagangan sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa observasi dan wawancara terhadap guru kelas, yang dianalisis dengan cara mengklasifikasikan data, mereduksi data, serta menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru melalui rencana pengelolaan kelas melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang disusun sesuai dengan kebutuhan siswa. Motivasi belajar yang diberikan guru kelas adalah membuat aktivitas pembelajaran yang menarik menggunakan media pembelajaran yang beragam yang mendorong siswa untuk belajar sesuai kemampuan. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan adanya strategi guru dalam pengelolaan kelas.
This study describes the teacher's strategy to manage the class in increasing students' motivation to learn. This study uses a qualitative phenomenological approach with class V teachers of SDN Sukosari 02 Dagangan as the research subjects. The data obtained from this study were in the form of observations and interviews with class teachers, which were analyzed by classifying data, reducing data, and presenting and drawing conclusions. The results of the study also revealed that the class management strategy carried out by teachers through class management plans through the preparation of learning devices that are arranged according to student needs. The learning motivation given by class teachers is to create interesting learning activities using various learning media that encourage students to learn according to their abilities. The study concluded that student learning motivation can be increased by the teacher's strategy in class management.
Downloads
References
Anggraini, R. (2020). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS. Pendidikan Paud.
Bahri, M. S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Klinis Pengawas di SDN 15 Perawang. Jurnal Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 7–12. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190
Hidayat Ara. (2012). Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). An-Nur, 4(1), 39–50. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36948830/CONTOH_JURNAL_1.pdf?1426158416=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPENERAPAN_MODEL_PBL_PROBLEM_BASED_LEARNI.pdf&Expires=1594969033&Signature=I3cBYOfYxUDyixW4~Es9CNfBOkqVyP8Sv5Ki3dBzL94zmi52x7TL
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Kholid, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris IAIN Raden Intan, 10(1), 61–71.
Sakinah, A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.9
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.