MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA COUNTING BOX DI PAUD RAUDHLATUL JANNAH CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v2i2.20059Keywords:
Matematika, Anak Usia Dini, Media Counting Box, Early Childhood, Mathematics, Counting Box MediaAbstract
Abstrak
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting untuk menghitung dan memecahkan masalah, sehingga perlu dikenalkan sejak dini kepada anak agar anak memiliki life skills dimasa depan. Penelitian ini dilatar belakangi tingkat kemampuan Matematika yang masih rendah, dimana sebagian besar masih dalam kategori BB (Belum Berkembang). Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan Matematika anak di PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon melalui media Counting Box. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurl Lewin dengan dua siklus yakni siklus 1 dan siklus 2,masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon. Subjek penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan berbentuk persentase. Hasil pra siklus nilai yang diperoleh sebesar 40% termasuk dalam kriteria BB (Belum Berkembang). Kemudian pada siklus 1 sebesar 78% terdapat 10 anak yang termasuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) namun masih terdapat 5 anak yang masuk kategori MB (Mulai Berkembang). Selanjutnya peneliti melakukan siklus 2 hasil siklus ini sebesar 92% termasuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Abstract
Mathematics is an important subject for calculating and solving problems, so it needs to be introduced to children early on so that children have life skills in the future. This study was motivated by the low level of Mathematics ability, where most are still in the BB (Undeveloped) category. Based on this background, this study aimed to improve children's Mathematics ability at PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon through the Counting Box media. This study used the Classroom Action Research (CAR) method with the Kurl Lewin model with two cycles, namely cycle 1 and cycle 2, each cycle consisting of two actions. The location of this research was PAUD Raudhlatul Jannah Cirebon. The subjects of this study were 15 children. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The data analysis used was quantitative descriptive. The data analysis used was in the form of a percentage. The pre-cycle results of the value obtained were 40% included in the BB (Undeveloped) criteria. Then in cycle 1, 78% of 10 children were included in the BSB (Developing Very Well) category, but there were still 5 children in the MB (Starting to Develop) category. Furthermore, the researcher conducted cycle 2, the results of this cycle were 92% included in the BSH (Developing According to Expectations) category.
Â
ÂDownloads
References
Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina kec. bangkinang kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1), 49–54.
Hasanah, L., Bong, N., Fakhira, N., Shafira, A., & Wulandari, C. (2022). Pengenalan Konsep Perkalian Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Bahan Alam. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16–26. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6353
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Mulyati, R., Herminastiti, R., & Malik, H. A. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan matematika permulaan melalui media papan literasi air. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021 E-ISSN, 006, 33–39.
Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6681/4241
Novitasari, W. (2016). Analisis kesultan belajar matematika anak usia 5-6 tahun. Jurnal Eksakta, 1, 19–25.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496
Putri, F. A., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pandean Lamper 02. Wawasan Pendidikan, 3(2), 745–754. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16260
Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266
Suwangsih, E., Putri, H. E., Widodo, S., & Ikhwanudin, T. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak Dengan Mathematics Learning Disability di Sekolah Dasar Inklusi. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2092
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.