EVALUASI PROGRAM PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI KABUPATEN SIDOARJO MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Authors

  • Vadilatun Nisa Universitas Negeri Surabaya
  • Acni Keryna Purnomo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/refleksi.v3i1.19871

Keywords:

Digitalisasi Pendidikan, Platform Merdeka Mengajar (PMM), CIPP Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program Platform Merdeka Mengajar (PMM) di Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai program ini. Kegiatan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil evaluasi context menunjukkan respons terhadap perubahan pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru dan mengurangi kesenjangan belajar. Sedangkan hasil evaluasi input menekankan perlunya sumber daya manusia yang berkualitas, platform digital yang stabil, dan dukungan finansial yang memadai untuk menunjang keberhasilan PMM. Lalu evaluasi proses menunjukkan bahwa PMM berjalan efektif, meskipun terdapat hambatan seperti kurangnya keterampilan teknologi di kalangan guru. Evaluasi produk mengindikasikan keberhasilan PMM dalam meningkatkan efektivitas akses guru terhadap pembelajaran, serta dampak positif seperti pembukaan akses pendidikan dan penghargaan kepada guru. Secara keseluruhan, PMM memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan akses bagi pelajar. Kesimpulannya, PMM memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sidoarjo, namun masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk memastikan keberhasilan jangka panjang. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang efektivitas PMM dalam meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan.

 

This study aims to evaluate the implementation of the Merdeka Mengajar Platform (PMM) program in Sidoarjo Regency, using the CIPP evaluation model (Context, Input, Process, and Product). The research employs a qualitative descriptive method to obtain a comprehensive understanding of this program. Data collection activities were conducted through observations, interviews, and documentation. The context evaluation results indicate a positive response to educational changes aimed at improving teacher quality and reducing learning gaps. The input evaluation emphasizes the need for quality human resources, a stable digital platform, and adequate financial support to ensure the success of PMM. The process evaluation shows that PMM is running effectively, although there are obstacles such as the lack of technological skills among teachers. The product evaluation indicates the success of PMM in enhancing teachers’ access to learning, as well as positive impacts such as increased access to education and recognition for teachers. Overall, PMM significantly contributes to improving educational quality and access for students. In conclusion, PMM plays a crucial role in enhancing education quality in Sidoarjo; however, further steps are needed to ensure long-term success. Future research is expected to explore in greater depth the effectiveness of PMM in enhancing teacher competencies and education quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D., & Rizaldi, R. (2023). Sosialisasi Platform Kampus Merdeka Sebagai Wadah Berkarya Guru. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 76–81. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.119

Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.

Jaedun, A. (2010). METODE PENELITIAN EVALUASI PROGRAM. 2–14.

Joni, R. (n.d.). Bab ii model-model pendekatan evaluasi program pendidikan.

Luthfiah, S. (2012). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Academy of Education Journal, 3(1), 1–43. https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.82

Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Digitalisasi Pendidikan. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(6), 17–29. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Nurhayati, L., & Suprapto, S. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket A Bagi Anak Putus Sekolah di Kabupaten Gorontalo jenjang Sekolah Dasar merupakan hal yang yang bersangkutan , tetapi juga membawa perekonomian meningkatnya jumlah ketrampilan dan keahlian , bahkan lebih pada pe. PUBLIK (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 168–175.

Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 789–798. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Qoriah, I. D. K. U. M. (2015). EVALUASI KEBIJAKSANAAN PENDIDIKAN. II(September), 1–15.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Toriqularif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–76. https://doi.org/10.47732/adb.v2i2.122

Uluwiyah, T., Kholis, N., & Iskarim, M. (2024). Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru PAI & BP dalam Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 8(1), 659–666. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7014

Wahyudhiana, D. da. (1993). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, 1(1), 1–28.

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles