ANALISIS PRINSIP AKUNTABILITAS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENDUKUNG PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v2i2.19480Keywords:
Pengelolaan Keuangan, MBS, Akuntabilitas, Management Financial, AccountabilityAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip akuntabilitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam mendukung pengelolaan keuangan sekolah dan untuk menemukan masalah yang perlu diatasi agar praktik pengelolaan keuangan sekolah menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan model PRISMA. Dari 25 artikel yang diidentifikasi, 15 artikel memenuhi syarat untuk disintesis dan dianalisis. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep MBS memiliki tiga karakteristik utama: kemandirian, keadilan, dan keterbukaan. Prinsip-prinsip MBS, seperti kemitraan, partisipatif, efisiensi, dan akuntabilitas, memberikan landasan bagi pengelolaan sekolah yang efektif. Implementasi prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah merupakan hal yang penting, yang melibatkan transparansi, standar kinerja, dan partisipasi. Meskipun penerapan prinsip akuntabilitas memiliki dampak positif pada efektivitas pengelolaan keuangan sekolah, namun masih timbul tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya pertanggungjawaban yang efektif dan keterlibatan pengawas yang kurang memadai.
Abstract
The purpose of this study is to find out how the principle of accountability in School-Based Management (SBM) is used to support school financial management and to find problems that need to be addressed to improve school financial management practices. The research method used was a Systematic Literature Review (SLR) using the PRISMA model. Of the 25 articles identified, 17 articles were eligible for synthesis and analysis. The results show that the concept of SBM has three main characteristics: independence, equity, and openness. The principles of SBM, such as partnership, participation, efficiency, and accountability, provide the foundation for effective school management. It is important to apply the principle of accountability in school financial management, which involves transparency, performance standards, and participation. Although the application of the accountability principle has a positive impact on the effectiveness of school financial management, there are still challenges that need to be overcome, such as the lack of effective accountability and insufficient involvement of supervisors.
Â
Downloads
References
Achadah, A. (2019). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Konsep Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 77–88.
Aliyyah, R. R., Fauziah, R. S. P., & Safitri, J. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Kurikulum dan Partisipasi Masyarakat. In Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). https://www.researchgate.net/publication/346434648
Andhita, M., & Sucahyo, U. S. (2020). Akuntabilitas Perencanaan Kebutuhan dan Penganggaran Aset Tetap Kota Salatiga. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 308. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.24243
Anggriani, N., Iskandar, D., & Nurodin, I. (2019). Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 2(2), 59–64. https://doi.org/10.18196/jati.020219
Ardani, E. F., & Trihantoyo, S. (2020). Penerapan Transparansi dan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Guna Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Lingkungan SD Negeri Banyu Urip VII Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan , 8, 134–144.
Dariana, D., & Harrie, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Akuntabilitas Keuangan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi Aparatur Pemerintah Dan Ketaatan Peraturan Perundangan Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah (Good Governance) Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 4(1), 124–139. https://doi.org/10.46367/jas.v4i1.224
Farida, V., Jati, A. W., & Harventy, R. (2018). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Jurnal Akademi Akuntansi, 1(1), 64–73. https://doi.org/10.22219/jaa.v1i1.6939
Fatra, & Harapan, E. (2017). Implementasi Prinsip Dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Sekolah Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1153
Fitrianti, L. (2023). Analisis Manajemen Keuangan Pendidikan Sekolah Negeri dan Swasta. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1034–1050.
Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah dan Kualitas Layanan Pendidikan di SMA Negeri Kabupaten Kaur yang Terakreditasi A, B, dan C. The Manager Review, 4(1), 129–154. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25835
Hamid. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Al-Khwarizmi, 1, 87–96.
Hasibuan, A. R. D. (2021). Penerapan Tata Kelola Keuangan Pendidikan Sekolah Dasar Pada Akhir Periode Tahun 2020. Juripol, 4(1), 304–309. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i1.11051
Ibrohim, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif Dalam Persaingan Mutu. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 57–72. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.836
Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Idaarah, III(1), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.8133
Iswahyudi, A., Triyuwono, I., & Achsin, M. (2017). Hubungan Pemahaman Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Value for Money dan Good Governance. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 151–166. https://doi.org/10.23887/jia.v1i2.9992
Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan pembiayaan pendidikan. Widya Padjadjaran.
Madekhan, M. (2015). Prinsip Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Untuk Optimalisasi Kinerja Kebijakan Pendidikan. JRP (Jurnal Review Politik), 5(2), 175–194.
Mahmudah, S., & Yoenanto, N. H. (2023). Strategi Pendidikan Dasar Untuk Mencapai Akuntabilitas Pengelolaan Pendidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 115–120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p115-120
Maryono. (2018). Akuntabilitas Sekolah; Suatu Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.176
Napisah, L. S., & Taufiqurachman, C. (2020). Model Pengelolaan Dana Desa Melalui Prinsip Akuntabilitas Publik Dan Transparansi Di Kabupaten Bandung. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 6(2), 79–88. https://doi.org/10.38204/jrak.v6i2.397
Nazarudin, N., Setyaningsih, K., & Ardelya Kesumah, M. N. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 131–146. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.993
Perda. (2015). Perda No. 4 Tentang Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
Rahayu, S., Mukhzarudfa, Yuliusman, & Yuliana. (2019). Praktik Pengawasan Pengelolaan Keuangan Sekolah. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(1), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jaku.v4i1.7425
Rahman, L. Z., & Hamdi, A. (2021). Analisis Kepemimpinan Profetik Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di Mi Miftahul Ulum Anggana. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 84–95. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan Partisipasi Stakeholder sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95–112. https://doi.org/10.21043/aktsar.v1i1.4078
Sukmawati, F., & Nurfitriani, A. (2019). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Garut). Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, Dan UMKM, 2(1), 52–66.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indones. J. Inf. Syst, 1(2), 63.
Trihantoyo, S. (2015). Manajemen Sekolah Dasar Berbasis Akuntabilitas Kinerja. Jurnal Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 90–102. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1685
Ulfa, M. (2020). Akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan dalam mensejahterakan guru dan anak didik di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 27–32. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29110
Waruwu, M., & Nuryani, L. K. (2021). Studi Kasus Penerapan Prinsip Akuntabilitas pada Pengelolaan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3822–3828. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1336 ISSN
Wiguna, M. B. S., Yuniarta, G. A., AK, S. E., Darmawan, N. A. S., & SE, A. (2015). Pengaruh Pengawasan Keuangan Daerah, Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah terhadap KinerjaPpemerintah Daerah Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).
Zahruddin, Arifin, Z., & Suhandi, A. (2019). Implementasi Penyususnan Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 46–56. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19847
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.