EFIKASI EDUKASI GIZI MELALUI COOKING DEMO DAN POSTER GIZI SEIMBANG PADA IBU BALITA STUNTING
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v2i1.18897Keywords:
Stunting, Nutrition education, Cooking demonstration, Balanced nutrition posterAbstract
Prevalensi stunting merupakan masalah gizi kronis yang ada di Indonesia. Anak yang menderita stunting lebih rentan terkena penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Dampak stunting terhadap anak tidak hanya masalah kesehatan saja, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan. Salah satu upaya penanggulangan dan pencegahan stunting dapat dilakukan melalui edukasi gizi terhadap ibu dan anak. Jenis dan metode edukasi gizi akan sangat berpengaruh terhadap efektivitas program edukasi gizi yang diberikan terhadap masyarakat. Pemilihan metode harus sesuai dengan sasaran audien agar materi dapat dengan baik tersampaikan kepada masyarakat target. Poster merupakan media edukasi gizi yang mudah diaplikasikan serta dapat menarik minat masyarakat untuk memperhatikan kegitan penyampaian materi. Cooking demo merupakan metode edukasi yang komunikatif dan menarik yang dapat diaplikasikan dalam pemberian edukasi gizi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi dari edukasi gizi menggunakan poster gizi dan cooking demo dalam meningkatkan pengetahuan gizi ibu balita stunting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan gizi ibu yang signifikan pada perlakuan intervensi gizi dengan menggunakan poster dan cooking demo pada kelompok intervensi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa edukasi gizi dengan menggunakan poster gizi dan cooking demo merupakan metode yang efektif dalam peningkatan pengetahuan gizi ibu balita.
Kata Kunci:Â Stunting; Edukasi gizi; Cooking demo; Poster gizi seimbang
Downloads
References
Achjar, K. A. H., Marni, N. K., Lestari, A. S., & Ribek, I. N. (2023). Health Education with Leaflet Media on the Level of Knowledge of Mother’s about Toddler Rearing Partners in Stunting Prevention. Journal of Education Research and Evaluation, 7(2), 197–203. https://doi.org/10.23887/jere.v7i2.61560
Drummond, C. (2011). Using nutrition education and cooking classes in primary schools to encourage healthy eating. The Journal of Student Wellbeing, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.21913/jsw.v4i2.724
Fanisyach, S. Q. (2023). Edukasi Dan Demo Masak Makanan Tambahan Untuk Balita Sebagai Upaya Pencegahan Stunting. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2222. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14706
Fatih Nuril Anwar, A., Aristiya, N., Berkah Asisah, A., Novita Sari, D., Puspa Komala, K., Andinika Shidqi, L., Diandra Salsabila, G., Qisti Rosmalia, N., Mela Rosida, S., & Raka Siwi, I. (2022). Upaya Pencegahan Stunting dengan Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai MP-ASI di Desa Waru Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. National Conference on Health Science (NCoHS), 11(11), 14.
Goh, L. M. L., Wong, A. X. Y., Ang, G. Y., & Tan, A. S. L. (2017). Effectiveness of nutrition education accompanied by cooking demonstration. British Food Journal, 119(5), 1052–1066. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2016-0464
Jannah, M., Sabran, S., & Ratri, P. R. (2022). The Effect of Nutrition Education Towards Knowledge of Mothers with Children Under-five Years in Lempeni Village, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICOSHIP 2021), 645(Icoship 2021), 284–286. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220207.049
Levio, S., Wahyuni, L., & Sasube, L. M. (2022). Audio Visual And Poster As A Media To Improve Mothers’ Knowledge About Stunting During Covid-19 Pandemic. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 7(2), 158–165. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v7i2.3451
Mardhika, A., Tyas, A. P. M., Okviasanti, F., Fadliyah, L., Qona’ah, A., Susanto, J., & Muhalla, H. I. (2021). Peningkatan Pendidikan Gizi (Cooking Class) Kelompok Kader Posyandu (Mp-Asi). Abdimas Unwahas, 6(1), 7–12. https://doi.org/10.31942/abd.v6i1.4425
Mitra, M., Susmaneli, H., Septiani, W., & Nurlisis, N. (2020). Effect of Nutritional Education on Improving Mother’s Knowledge and Nutritional Status of Malnourished Toddlers in Pekanbaru City Indonesia. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 53(2), 244–253. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Prasetyo, Y. B., Permatasari, P., & Susanti, H. D. (2023). The effect of mothers’ nutritional education and knowledge on children’s nutritional status: a systematic review. International Journal of Child Care and Education Policy, 17(1). https://doi.org/10.1186/s40723-023-00114-7
Rachmah, Q., Muniroh, L., Dominikus Raditya, A., Anisa Lailatul, F., Azizah Ajeng, P., Asri Meidyah, A., Aliffah Nurria, N., Damar Aditya Bayu Sukma, A., Siti, H., & Maria, W. (2022). Peningkatan Pengetahuan Gizi Terkait Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Melalui Edukasi Dan Hands-on-Activity Pada Kader Dan Non-Kader. Media Gizi Indonesia, 17(1SP), 47–52. https://doi.org/10.20473/mgi.v17i1sp.47-52
Sukma, H. A. D. (2020). Sosialisasi Dan Demo Masak Untuk Menurunkan Jumlah Balita Stunting Dan Wasting Di Desa Grebegan, Kalitidu. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 267. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.267-274
Triana, V., Utami, M. W., Adiratna, P., Iskandar, N., Ismira, A., Febria, T., Febriani, V., Putri, A. A., Alhamda, N., & Febrina, A. (2023). Gerakan Pencegahan Stunting melalui Peningkatan Pengetahuan Ibu dengan Metode Emotional Demonstration di Wilayah Kerja Puskesmas Mungo. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(2), 276. https://doi.org/10.36565/jak.v5i2.505
Wibowo, M. A., & Adhianata, H. (2023). Efficacy of Balanced Nutrition Comic as a Learning Medium in Nutrition Education Intervention for Primary School-Age Children in Sampang District. Journal of Ners and Midwifery, 10(2), 254–259.
Wijayanti, I., Adhianata, H., Jamal, R., Sari, N., & Widiyastuti, N. (2023). Pengantar Kesehatan Ibu dan Anak. In Sada Kurnia Pustaka. Sada Kurnia Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.