Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Kejuruan di SMK PGRI 3 Malang

Iftitah Dian Qumairoh, Radeni Sukma Indra Dewi

Abstract


Abstrak

Pendidikan kejuruan memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk masuk ke dunia kerja. Di SMK PGRI 3 Malang, peningkatan kompetensi siswa menjadi fokus utama. Model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dianggap efektif untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan teoritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran kejuruan di SMK PGRI 3 Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam nilai rata-rata penilaian akhir proyek dibandingkan dengan metode konvensional, serta peningkatan keterampilan kerja sama dan pemecahan masalah. Kesimpulannya, model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa di SMK PGRI 3 Malang, dan disarankan untuk diadopsi lebih luas guna meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan.

Abstract

Vocational education has an important role in preparing students to enter the world of work. At SMK PGRI 3 Malang, increasing student competency is the main focus. The project-based learning model (Project-Based Learning) is considered effective for developing students' practical skills and theoretical knowledge. This research aims to implement and effectiveness of the project-based learning model in vocational subjects at SMK PGRI 3 Malang. The method used is descriptive qualitative with data collection through interviews and literature studies. The research results show that the application of the project-based learning model increases student motivation, engagement and learning outcomes. Students demonstrated an increase in the average final project assessment score compared to conventional methods, as well as improved collaboration and problem-solving skills. In conclusion, the project-based learning model is effective in improving student learning outcomes and skills at SMK PGRI 3 Malang, and is recommended for wider adoption to improve the quality of vocational education.

 


Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Keterampilan; Sekolah Menengah Kejuruan; Project Based Learning Model; Skills; Vocational High School

Full Text:

PDF

References


Aditia, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Pada Masa Pandemi Covid-19. Inov. Pembelajaran Berbasis. Apl. Mob. Pada Masa Pandemi Covid-19, 2(2), 3-5.

Albana, L. F. A. N. F. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Sumber Belajar Siswa SMK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Fathurahman, N. (2020, November). Inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 615-627).

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st Ed.). Media Akademi.

Katz, L. G., & Chard, S. C. (1995). Engaging children minds: The project approach. New Jersey:Ablex Publishing Corporation.

Kusworo, K., Rusmaini, R., Sholeh, B., & Jaya, F. (2019). Pembaharuan Pembelajaran Pendidikan Ekonomi. Banten:UNPAM Press.

Moss, D., & Van Duzer, C. (1998). Project-based learning for adult English language learners.National Clearinghouse for ESL Literacy Education. (ERIC Document Reproduction Service No.ED427556). Diakses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED427556.pdf

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.

Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application of Project Based Learning Model for Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3082–3090. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4090

Putra, R. D. O., & Suyatini, M. M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1711-1717.

Sastrika, I.A.K, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Jurnal Program Pascasarjana (Vol 3 Tahun 2013). Singaraja: PMIPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning.

Tumuyu, C., Palilingan, V. R., & Waworuntu, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 307-321.

Wiratha, M. I. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Wena. M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract has been read : 25 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v2i2.18734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118