MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD GAME SEBAGAI UPAYA PENGUATAN BAHASA DAERAH (STUDI KASUS PADA ANAK SEKOLAH DASAR KABUPATEN SAMPANG)

Jatim Desiyanto, Rohisotul Laily

Abstract


Bahasa daerah perlu dijaga dan dilestarikan, tetapi anak-anak semakin kehilangan minat dalam mempelajarinya. Faktor seperti globalisasi, pendidikan formal, teknologi, dan kurangnya kesadaran anak menjadi penyebab rendahnya penggunaan bahasa daerah di kalangan siswa SD. Bahasa daerah diakui penting dalam pendidikan nasional berdasarkan UU Sisdiknas 2013. Rendahnya penggunaan bahasa daerah dapat diatasi dengan penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif. Smart Card Game merupakan solusi yang efektif untuk memperkuat pemahaman bahasa daerah. Selain sebagai media pembelajaran, smart card game juga memberikan hiburan yang menarik dan menyenangkan dalam belajar bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk terciptanya media smart card came yang  relevan/layak sebagai media pembelajaran dan penerapannya dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam bahasa daerah (Bahasa Madura) di SD Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan pendekatan kuantitatif untuk menguji efektivitas media dengan metode uji analisis Wilcoxon. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model smart card game dan variabel terikat adalah pengetahuan bahasa daerah yang dimiliki oleh siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari lima tahap utama, yaitu: (a) pengumpulan informasi/persiapan, (b) rancangan bangun model, (c) validasi ahli, (d) uji coba model, dan (e) evaluasi dan hasil produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terciptanya  media pembelajaran smart card game relevan/ layak terhadap penguatan bahasa daerah dengan nilai p-value = 0.000 dan efektif terhadap peningkatan pengetahuan siswa dalam bahasa daerah yang ditunjukkan dari hasil data pengetahuan didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 yang mana dapat disimpulkan terdapat perubahan dari sebelum ke sesudah dilakukan tindakan  dengan menggunakan smart card game di SD Kabupaten Sampang.


Keywords


bahasa daerah; media pembelajaran; smart card game; anak-anak sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


A’ini, Q. (2022). Strategi Dalam Pemertahanan Bahasa Madura Di Pondok Pesantren Syekh Abdul Qadir Jailani Besuki. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 4(2), 311–325.

Asrif. (2018). Bahasa Daerah, Erosi Identitas, dan Peran Orang Tua.

Budiarto, G. (2020). Dampak Cultural Invasion terhadap Kebudayaan Lokal: Studi Kasus Terhadap Bahasa Daerah. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(2), 183–193.

Effendy, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Madura Yang Baik Dan Benar Pada Masyarakat Dusun Banlanjang Tlonto Raja Kecamatan Pasean di Masjid Al Muttaqin. Perdikan. Journal of Community Engagement, 1(1).

Fauzan, R., & Nashar. (2017). Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya (Kajian Historis dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede di Kota Serang). Jurnal Candrasangkala, 3(1), 1–9.

Hayati, F., N, N., & I, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815.

Khoirullah, M. A., & Hikam, S. R. (2023). Implementasi Media Smart card (Kartu Pintar) dalam Pembelajaran Tematik ii Kelas IV di MI Maslakul Huda Gunung Sari. Journal of Student Research, 1(1), 303–312.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusuma, E. R., & Pratikno, A. S. (2022). Pelestarian Intangible Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Madura Untuk Penutur Luar Madura. Penguatan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional Melalui Diplomasi Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 85.

Larasati, D. (2018). Globalisasi Budaya dan Identitas: Pengaruh dan Eksistensi Hallyu (Korean Wave) versus Westernisasi di Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 11(1), 109–120.

Lestari, R. F., & Rahmat, L. I. (2021). Pengembangan Buku Bahasa Madura sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 15–28.

Munaweroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066.

Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52.

Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Perwasitan Bola Basket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 26–41.

Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 46–54.

Putri, T. U., Israwati, & Hijriati. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), 11–15.

Raihany, A. (2015). Pergeseran penggunaan bahasa Madura di kalangan anak-anak Sekolah Dasar Negeri di desa Pangarangan kecamatan kota Sumenep. NUANSA. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 12(1), 53–84.

Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83–96.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatan Kompetensi Profesional Guru IPA. Jurnal Solma, 9(1), 121–130.

UU RI No. 20 Tahun 2003: Tentang Sisdiknas. (n.d.).

UUD NRI 1945: Tentai Nilai-nilai Budaya. Pasal 32. (n.d.).


Article Metrics

Abstract has been read : 151 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v2i1.18085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118