LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.17399Keywords:
Literasi Matematika, Aritmatika SosialAbstract
Downloads
References
Aprilia, D. (2020). Analisis Literasi Matematika Siswa Materi Aritmatika Sosial Melalui Project Based Learning Di SMP.
Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370.
Ilmadi, I. (2021). Mengapa Harus Memiliki Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Kreatif? Retrieved from https://matematika.unpam.ac.id/mengapa-harus-memiliki-literasi-matematika-dan-kemampuan-berpikir-kreatif/
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088
Jumarniati; Baharuddin, Muhammad Rusli; Sulfiana, F. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132.
Komariyah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.
Lailiyah, S. (2017). Mathematical Literacy Skills of Students’ In Term of Gender Differences. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868). https://doi.org/10.1063/1.4995146
Lanya, H., Zayyadi, M., Sulfiah, S. K., & Roziq. (2021). Students ’ mathematical literacy on the performance of PISA questions : What is gender correlation ? Jurnal Didaktik Matematika, 4185, 222–234. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.20570
Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika Dalam Proses Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18
Lubis, aya S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Alumni Sekolah Menengah Pertama dengan Madrasah Tsanawiyah di Kelas XI MAN Kase Rao-rao Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, 33–34.
Nurcholis, R., Azhar, E., & Miatun, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Euclid, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1791
OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.
Patih, T.-. (2019). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kota Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 14(1), 36. https://doi.org/10.31332/ai.v14i1.1109
Prabawati, M., Herman, T., & Turmudi. (2019). Mathematical literacy skills students of the junior high school in term of gender differences. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012084
Sahari, S. (2018). Fullday School dalam Sorotan Ilmu Sosiologi, Psikologi, dan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.575
Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian DIgital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 594–602.
Sugiyono, S. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.
Wardono, & Masjaya. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The Type of Descriptive Research in Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.