PEMANFAATAN APLIKASI CAMTASIA UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.17351Keywords:
microsoft office word, aplikasi camtasia, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi siswa kelas VIII dengan menggunakan aplikasi Camtasia di SMP Negeri 1 Karangtanjung. Tim peneliti tahun ini terdiri dari 40 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangtanjung, yang terdiri dari 20 siswa Putra dan 20 siswa Putri. Prosedur penelitian tindakan kelas dibagi menjadi dua bagian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangtanjung, dengan rata-rata nilai 71,25 dan ketuntase 30%, serta rata-rata nilai 81,50. dan ketuntase 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keefektifan aplikasi Camtasia untuk pembelajaran siswa semakin meningkat.
Downloads
References
Amin, A. K. (2013). Menggunakan Camtasia Studio 6 (pp. 1–16). IKIP Bojonegoro.
Azhariadi, Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Daerah Terpencil. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 121, 78–88. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Dr. Anda Juanda, M. P. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. deepublish. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Febrianto, A., Shalikhah, N. D., & Pranowo, T. A. (2021). Membuat Video Pembelajaran Berbasis Screen Recorder dan Video Editor Menggunakan Camtasia.
Hakim, I. C., Timan, S., & Siswanto, B. (2017). Pemanfaatan Video Tutorial Dengan Camtasia Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas X Tgb B Di Smk Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 1(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18242
Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Addie. 2(1), 121–130. http://javit.ppj.unp.ac.id
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah Sistem Informasi Geografi (Sig). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13040
Rasyid Hardi Wirasasmita, Y. K. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash, 1, 35–43.
Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Siregar, E. (2020). Landasan Teknologi Pendidikan.
Sugiyem, S., Asiatun, K., Widarwati, S., & ... (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Pada Mata Kuliah Komputer Disain. … Pendidikan Teknik Boga …. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44563
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.