PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.17175Keywords:
Kemampuan Menghitung, Realistic Mathematics Education,Abstract
Downloads
References
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.2102
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 945–957. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Amelia, S. (2020). PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MEMBANGUN POLA PIKIR KREATIF SISWA. In S. L. D. Pramesi (Ed.), CATATAN DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA (1st ed., p. 294). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/CATATAN_DASAR_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/xcALEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran matematika penting&pg=PA43&printsec=frontcover
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2018). PTK: Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (S. Suyantoro (ed.); I). ANDI Yogyakarta.
Ariani, Y., Helsaa, Y., & Ahmad, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar (G. D. Ayu (ed.); 1st ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pembelajaran_Inovatif_Untuk_Pembel/2IMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA1&printsec=frontcover
Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667
Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas (V). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640
Suparmin, Nuraini, S., & Kurniawati. (2017). Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V (P. Estikarini (ed.); 1st ed.). CV. Mediatama.
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.2102
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 945–957. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Amelia, S. (2020). PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MEMBANGUN POLA PIKIR KREATIF SISWA. In S. L. D. Pramesi (Ed.), CATATAN DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA (1st ed., p. 294). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/CATATAN_DASAR_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/xcALEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran matematika penting&pg=PA43&printsec=frontcover
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2018). PTK: Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (S. Suyantoro (ed.); I). ANDI Yogyakarta.
Ariani, Y., Helsaa, Y., & Ahmad, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar (G. D. Ayu (ed.); 1st ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pembelajaran_Inovatif_Untuk_Pembel/2IMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA1&printsec=frontcover
Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667
Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas (V). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640
Suparmin, Nuraini, S., & Kurniawati. (2017). Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V (P. Estikarini (ed.); 1st ed.). Surakarta: CV. Mediatama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.