OPTIMALISASI LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG STUDI LANJUT
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.16824Keywords:
Audio, Media, Visual, Layanan Klasikal dan Pengetahuan SiswaAbstract
Penggunaan media audio visual dalam pemberian layanan bimbingan klasikal di kelas sangatlah penting terutama dalam meningkatkan antusias siswa dalam memahami materi layanan. Tujuan penelitian ini yaitu optimalisasi layanan klasikal bimbingan dan konseling dengan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan di SMA Negeri 3 Cilegon tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan hasil yang diperoleh pada siklus ke-1 yaitu sebanyak 51.42 % siswa yang mengetahui studi lanjutan, namun pada siklus ke-2 yaitu 100 % siswa mengetahui studi lanjutan. Perolehan hasil dari setiap siklus, baik pada siklus ke-1 dan siklus ke-2 memperlihatkan bahwa pengetahuan siswa tentang studi lanjutan meningkat setelah diberi layanan klasikal dengan menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa layanan format klasikal dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka konselor hendaknya mampu menerapkan strategi layanan yang sesuai dalam memberikan layanan bimbingan konseling berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.