OPTIMALISASI LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG STUDI LANJUT

Cece Agus Nuryadin, Yayat Ruhiat, Sholeh Hidayati

Abstract


Penggunaan media audio visual dalam pemberian layanan bimbingan klasikal di kelas sangatlah penting terutama dalam meningkatkan antusias siswa dalam memahami materi layanan. Tujuan penelitian ini yaitu optimalisasi layanan klasikal bimbingan dan konseling dengan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan di SMA Negeri 3 Cilegon tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan hasil yang diperoleh pada siklus ke-1 yaitu sebanyak 51.42 % siswa yang mengetahui studi lanjutan, namun pada siklus ke-2 yaitu 100 % siswa mengetahui studi lanjutan. Perolehan hasil dari setiap siklus, baik pada siklus ke-1 dan siklus ke-2 memperlihatkan bahwa pengetahuan siswa tentang studi lanjutan meningkat setelah diberi layanan klasikal dengan menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa layanan format klasikal dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang studi lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka konselor hendaknya mampu menerapkan strategi layanan yang sesuai dalam memberikan layanan bimbingan konseling berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa.


Keywords


Audio, Media, Visual, Layanan Klasikal dan Pengetahuan Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 346 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.16824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118