ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN TEORI NEWMAN SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.15365Keywords:
analisis, kesalahan, soal cerita, matematika, analysis, mistakes, word problems, mathAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Teori Newman pada materi SPLDV di kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Piri 2 Yogyakarta dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 11 siswa, dikarenakan 5 siswa sakit sehingga yang mengikuti tes 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan soal essay. Dalam penelitian ini tes yang dimaksud adalah sebuah alat untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta pada materi SPLDV mengalami kesalahan berdasarkan teori newman yaitu kesalahan membaca soal sebesar 0%, kesalahan memahami soal sebesar 5,55%, kesalahan mentransformasikan soal sebesar 100 %, kesalahan dalam ketrampilan proses sebesar 61,11%, kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir sebesar 88,88% dan jenis kesalahan yang paling dominan yaitu kesalahan dalam mentransformasikan soal sebesar 100%.
Â
Abstract
This study aims to analyze students' mistakes in solving word problems based on Newman's Theory on SPLDV material in class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta in the 2021/2022 academic year. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. The research was conducted at Piri 2 Yogyakarta Middle School with a class VIII student population consisting of 1 class with a total of 11 students, because 5 students were sick so 6 students took the test. Data collection techniques using interviews and essay questions. In this study, the test in question was a tool to find out what mistakes students made in solving word problems on SPLDV material. The results showed that students of class VIII SMP PIRI 2 Yogyakarta on SPLDV material experienced errors based on Newman's theory, namely errors in reading questions of 0%, errors in understanding questions of 5.55%, errors in transforming questions of 100%, errors in processing skills of 61, 11%, the error in writing the final answer was 88.88% and the most dominant type of error was the error in transforming the questions by 100%.
Â
Â
ÂDownloads
References
Amaliah, Fitri, Sutirna, Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga A . Pendahuluan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari siswa . Dalam matematika , ada berbagai kemampuan yang harus dikuasai siswa , sala. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.
Dehani, S. K. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Peka, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1114
Delfita, O., & Roza, Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman ’ s Error Analysis ( NEA ) Berdasarkan hasil penelitian Trends International Mathematics and Science Study ( TIMSS ) menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa terhadap mat. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10.
Fitri Andika Nurussafa’at1, Imam sujadi2, R. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKANSOAL CERITA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGANFONG’S SHCEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSISDITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA(STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP ITIBNU ABBAS KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Elektronik Pembelajaran Matematika, 4.
Kharisma Wahyuningtyas. (2019). ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA GEOMETRI MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN. University of Muhammadiyah Malang.
Kristin. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran STAD dengan Example Non Example pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas IV SD Kristen Satya Wacana Kecamatan Siderejo Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.
Nafikah, U. (2017). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Siswa Kelas 5 SDN Blaru 02 Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017. University Kristen Satya Wacana.
Rahmawati. (2021). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KLAS VIII SMPN 2 BALUSU.
Samnur Saputra, I. R. I. (2015). Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery ) Tipe Minds. August. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1917.1288
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau Dari Gender Berdasarkan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-474
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). ANALISIS K ESALAHAN SISWA BERDASARKAN AHAPAN NEWMAN DAN SCAFFOLDING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24.
Trapsilo, T. E. B., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2016). Analisis kesalahan menurut teori newman dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linier dua variabel pada siswa kelas ix smp n 1 banyuwangi.
Wahyuddin. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Jurnal Tadris Matematika, 2, 148–160. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.