PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS 6 SDN 2 TEMON KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Sri Maryani Universitas PGRI Madiun
  • Parji Parji Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14466

Keywords:

Discovery learning, multimedia video, membaca intensif, intensive reading

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif melalui penerapan model problem discovery learning berbantuan multimedia video pada siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Di mana setiap siklus terdiri dari tahap penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 18 siswa pada semester I tahun pelajaran 2021/2022, dan objek penelitiannya adalah kemampuan membaca intensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca intensif melalui penerapan model discovery learning berbantuan multimedia video dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI di SDN 2 Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Hal ini terbukti dari hasil observasi dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I sebesar 71,88% meningkat menjadi 81,25% di siklus II.  Meningkatnya persentase ketuntasan belajar klasikal kemampuan membaca intensif pada siklus I sebesar 72,22% meningkat disiklus II sebesar 83,33%. Serta meningkatnya respon siswa pada siklus I sebesar 72,22% meningkat di siklus II sebesar 88,89%.

 

Abstract

This study aims to improve intensive reading skills through the application of a multimedia video-assisted problem discovery learning model for sixth grade students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency. This research was carried out in two learning cycles. Where each cycle consists of the stages of research, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were class VI students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency, a total of 18 students in semester I of the 2021/2022 academic year, and the object of the research was intensive reading skills. The results showed that learning Indonesian especially intensive reading through the application of a video-assisted discovery learning model could improve the intensive reading skills of class VI students at SDN 2 Temon, Sawoo District, Ponorogo Regency. This is evident from the results of observation and data analysis in each cycle. The increase in student activity in cycle I learning was 71.88%, increasing to 81.25% in cycle II. The increase in the percentage of completeness in classical learning for intensive reading in cycle I was 72.22%, an increase in cycle II was 83.33%. As well as an increase in student responses in the first cycle of 72.22%, an increase in the second cycle of 88.89%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muslihudin, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video.Jurnal: Elemantaria Edukasi (Online), 2(1),

(http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/1481/0, Diunduh 1 Desember 2020).

Putra, I.H. (2020) 07 April. Kemampuan Literasi Indonesia Mandek 18 Tahun. Medcom. Id3, halaman 1 diakses dari https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/lKYx6Ljk-kemampuan-literasi-indonesia-mandek-selama-18-tahun

Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Pustaka Setia

Simarmata, J., dan Mujiarto (2018). Multimedia Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Somadayo, S. (2020). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soleh, Dwi Rohman. (2016). Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Widyabastra 4(2) pp. 121-132.

Soleh, Dwi Rohman. Herman J. Waluyo. Setya Yuwana Sudikan. Nugraheni Eko Wardani. (2017). Model Development of Drama Study Employing Local Art for Students Of LPTK. Prosiding Internasional FINALISET 1(3) pp. 19-28.

Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Pp. 160-166.

Wibowo, H. (2020). Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depok: Puri Cipta Media.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles