ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (STUDI PADA PAKUWON TRADE CENTER/PTC DI SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14463Keywords:
Harga, Promosi, Distribusi dan Keputusan pembelian, Price, Promotion, Distribution and Purchase DecisionAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung Pakuwon Trade Center Surabaya. Sampel diambil secara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga, promosi dan distribusi, baik  secara parsial  maupun  secara  simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya.
Â
                             Abstract
The purpose of this research is to determine and to analysis the effect of price, promotion and distribution on purchase decision of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya. The population of this research are all visiter in Pakuwon Trade Center Surabaya.The sample of this research used the accidental sampling. Analysis method of this research is multiple linear regression model, the results of analysis showed that price, promotion and distribution influence significantly on the purchase decision effect simultan and partial of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya.
Â
Downloads
References
Assauri, Sofyan. 2011. Manajemen Pemasaran. cetakan ke 11. penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Algrina Agnes Ulus, 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional, Menado, Jurnal EMBA, Vol.1, No. 4, Desember 2013, Hal. 1134-1144
Afif, Mochamad, 2002, Kepercayaan Merek, Kualitas Layanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank CIMB Niaga di Surabaya, Jurnal of Business and Banking, Volume 2, No.1, Mei 2012, Page 21-32.
Aaker, D. A, 2000, Brands Leadership, The Free - Press, New York.
Abigail Anastasia Soewanto dan Fransisca Andreani (2019), Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Warung Gudeg Bu Yul Surabaya, AGORA, Volume 7 , No. 1, 2019.
Chandra, Gregorius, 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Dharmmesta dan Irawan (2001). Manajemen
Pemasaran, Analisa Perilaku
Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Friani Gloria Igir dkk, 2018, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up, Jurnal Administrasi Bisnis, Vo 6, No.2, Th. 2018
Ferdinand, A, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hair J.F. Anderson, RE, Tatham, RL & Black, Wc, 1998, Multivariate Data Analysis, 5th Edition, Prentice Hall, Inc. Upper Saddle, River, New Jersey.
Kotler, P. 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.
…………., 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke 8, Jilid 1, Terjemahan oleh Damos Sihombing, Erlangga, Jakarta.
…………., 2005, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
………….. dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 1, Erlangga, Jakarta
Malhotra, N.K, 2000, Marketing Risearch: An Applied Orientation 4th Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.
Mowen, John C & Minor Michael, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Kelima, Jilid Pertama dan Kedua, Erlangga, Jakarta.
Rissa GPS, dkk 2018, Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor di PT. Tri Jaya Mulya Sukses, Jurnal EMBA, Vol. 6 , No. 1, Januari 2018, Halaman, 101-110
Swasta, 2010, Manajemen Pemasara: Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Jakarta
Setiadi, Nugroho, 2011, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana, Jakarta.
Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta.
Silayoi dan Speece, 2004, Packaging and Decision and Exnaplanatory Study on The Import of Involvement Level and Time Pressure, Britis Food Journal, (online), vol. 106. No. 8.
Sutoyo, 2001,Harga Berperan Penting dalam Pemasaran Produk, Menyusun Strategi Harga, Seri Manajemen, No.4, Penerbit Danar Mulia, Jakarta.
Tjiptono, Fandi, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ke 3, Penerbit Andi Yogyakarta
………………, 2002,Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang.
Schiffman LG, dan Kanuk L.L. 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc. Upper Saddle River, New Jersey.
Simamora, Henry, 2002, Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.
Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Wahid Sulaiman, Wahid, 2004, Jalan Pintas Menguasai SPSS 10, edisi pertama, Andi, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.