PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMPUTER AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.13899Keywords:
Software akuntansi, accurate online, buku ajar, perusahaan jasa, perusahaan dagang, Accounting software, textbooks, service companies, trading companiesAbstract
Abstrak
Komputer akuntansi menjadi subjek penting dalam pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0. dan era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan dalam pengembangan buku ajar komputer akuntansi. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan riset pustaka dan observasi toko buku daring. Hasil yang diperoleh adalah accurate online merupakan produk baru dalam dunia akuntansi serta memiliki banyak kelebihan. Buku ajar yang memfasilitasi kepentingan pengajar dan murid/mahasiswa sekaligus belum banyak tersedia di toko buku, Peluang yang teridentifikasi adalah adanya program sertifikasi komputer dari accurate yang membutuhkan pemahaman siswa. Buku yang menjelaskan teknis, prinsip, dan aturan terkait sekaligus belum ada. Tantangannya adalah akses edukasi accurate harus melalui perjanjian kerjasama berbayar. Tindak lanjut dari analisis ini adalah melakukan pengembangan buku ajar accurate online untuk perusahaan jasa dan dagang dengan pendekatan saintifik.
Abstract
Accounting computers are essential in learning to face the industrial revolution 4.0. and the era of society 5.0. This study analyzes the opportunities and challenges in developing accounting computer textbooks. The method is qualitative research with library research and online and offline bookstore observations. The results obtained are accurate online is a new product in the world of accounting and has many advantages. Textbooks that facilitate the interests of teachers and students/students at the same time are not widely available in bookstores. The identified opportunity is the existence of a computer certification program from Accurate, which requires students' understanding. There are no books that explain the technical principles and related rules simultaneously. The challenge is that access to proper education must go through a paid cooperation agreement. The follow-up to this analysis is to develop accurate online textbooks for service and trading companies with a scientific approach.
Downloads
References
Ambarwati, I., & Rochmawati. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494.
Anonim. (2022). 7 Aplikasi Komputer Akuntansi Beserta Kelebihan dan Kekurangan.
Ardana, I. C., & Lukman, H. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Mitra Wacana Media.
Deskoni, D., AR, R., & Firmansyah, F. (2018). Pengembangan Program Myob Pada Pembelajaran Komputer Akuntansi Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Sriwijaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 139–151. https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6603
Irafahmi, D. T., & Andayani, E. S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Komputer Untuk SMK Program Keahlian Bisnis dan Manajemen Se-Kota Malang. Journal of Accounting and Business Education, 1(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6018
Khairina, S., Kesuma, D., Arisman, A., Artina, N., & Sugara, K. (2022). Pelatihan Pembekalan Alumni Mahasiswa Prodi Akuntansi STIE MDP Mengenai Sertifikasi Accurate Online. Jurnal Padimas, 1(2), 90–99. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/padimas/article/view/1987
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Penatari, R. I., Setiawan, D., & Suhardjanto, D. (2020). Dinamika Penelitian Sistem Informasi Akuntansi Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(1), 159–177. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.1.10
Soebijono, T., & Erstiawan, M. S. (2020). Peranan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Mutu Pendidikan. BIP’s Jurnal Bisnis Perspektif, 12(2), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.37477/bip.v12i2.97
Sumarna, A. D. (2020). Akuntan ( Kja ) Di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22225/kr.11.2.1255.100-109 Abstract
Suyono, A., & Wijaya, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Akuntansi Berbentuk Modul Pembelajaran Digital. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 9(1), 8–16.
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Dewan Redaksi Refleksi dan keputusan untuk diterbitkan, maka hak cipta mengenai artikel tersebut akan dialihkan ke Jurnal Refleksi.
Jurnal Refleksi berhak memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan menerbitkan artikel yang sama dengan yang dimuat di jurnal ini.