PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMPUTER AKUNTANSI

Authors

  • Elana Era Yusdita Universitas PGRI Madiun http://orcid.org/0000-0002-1063-4926
  • Elly Astuti Universitas PGRI Madiun
  • Tika Panjawiyati Universitas PGRI Madiun
  • Alifia Ganeshi Anggarini Universitas PGRI Madiun
  • Linanda Elsa Dilaines Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.13899

Keywords:

Software akuntansi, accurate online, buku ajar, perusahaan jasa, perusahaan dagang, Accounting software, textbooks, service companies, trading companies

Abstract

Abstrak

Komputer akuntansi menjadi subjek penting dalam pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0. dan era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan dalam pengembangan buku ajar komputer akuntansi. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan riset pustaka dan observasi toko buku daring. Hasil yang diperoleh adalah accurate online merupakan produk baru dalam dunia akuntansi serta memiliki banyak kelebihan. Buku ajar yang memfasilitasi kepentingan pengajar dan murid/mahasiswa sekaligus belum banyak tersedia di toko buku, Peluang yang teridentifikasi adalah adanya program sertifikasi komputer dari accurate yang membutuhkan pemahaman siswa. Buku yang menjelaskan teknis, prinsip, dan aturan terkait sekaligus belum ada. Tantangannya adalah akses edukasi accurate harus melalui perjanjian kerjasama berbayar. Tindak lanjut dari analisis ini adalah melakukan pengembangan buku ajar accurate online untuk perusahaan jasa dan dagang dengan pendekatan saintifik.

Abstract

Accounting computers are essential in learning to face the industrial revolution 4.0. and the era of society 5.0. This study analyzes the opportunities and challenges in developing accounting computer textbooks. The method is qualitative research with library research and online and offline bookstore observations. The results obtained are accurate online is a new product in the world of accounting and has many advantages. Textbooks that facilitate the interests of teachers and students/students at the same time are not widely available in bookstores. The identified opportunity is the existence of a computer certification program from Accurate, which requires students' understanding. There are no books that explain the technical principles and related rules simultaneously. The challenge is that access to proper education must go through a paid cooperation agreement. The follow-up to this analysis is to develop accurate online textbooks for service and trading companies with a scientific approach.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, I., & Rochmawati. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494.

Anonim. (2022). 7 Aplikasi Komputer Akuntansi Beserta Kelebihan dan Kekurangan.

Ardana, I. C., & Lukman, H. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Mitra Wacana Media.

Deskoni, D., AR, R., & Firmansyah, F. (2018). Pengembangan Program Myob Pada Pembelajaran Komputer Akuntansi Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Sriwijaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 139–151. https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6603

Irafahmi, D. T., & Andayani, E. S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Komputer Untuk SMK Program Keahlian Bisnis dan Manajemen Se-Kota Malang. Journal of Accounting and Business Education, 1(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6018

Khairina, S., Kesuma, D., Arisman, A., Artina, N., & Sugara, K. (2022). Pelatihan Pembekalan Alumni Mahasiswa Prodi Akuntansi STIE MDP Mengenai Sertifikasi Accurate Online. Jurnal Padimas, 1(2), 90–99. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/padimas/article/view/1987

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Penatari, R. I., Setiawan, D., & Suhardjanto, D. (2020). Dinamika Penelitian Sistem Informasi Akuntansi Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(1), 159–177. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.1.10

Soebijono, T., & Erstiawan, M. S. (2020). Peranan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Mutu Pendidikan. BIP’s Jurnal Bisnis Perspektif, 12(2), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.37477/bip.v12i2.97

Sumarna, A. D. (2020). Akuntan ( Kja ) Di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22225/kr.11.2.1255.100-109 Abstract

Suyono, A., & Wijaya, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Akuntansi Berbentuk Modul Pembelajaran Digital. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 9(1), 8–16.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles