Mengoptimalkan Pemasaran Produk UKM di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7893Keywords:
Pandemi Covid-19, Otak-otak Bandeng, PemasaranAbstract
Wabah covid-19 membuat dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Salah satu UKM yang terkena dampak  pandemi Covid-19 adalah UKM “KUEKU†yang beralamat Jln.Carikan IV no.6A Kecamatan Bubutan Surabaya. Produk yang dihasilkan UKM ini adalah Otak-otak Bandeng Suroboyo. Permasalahan yang dihadapi UKM produsen Otak-otak Bandeng sejak terjadinya pandemi covid-19 ini adalah penjualan menurun drastis sehingga tinggal 30% . Strategi pemasaran perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar UKM bangkit kembali dari keterpurukan. Hasil dari pengamatan terhadap konsumen Otak-otak Bandeng Suroboyo adalah konsumenya berusia 35 tahun ke atas. Sedangkan masyarakat yang berusia dikisaran 15-35 tahun berdasarkan angket yang disebar sebanyak 100 orang, banyak yang mengenal otak-otak bandeng Suroboyo tapi sebatas mendengar saja sebanyak 87 orang dan 38 orang  pernah mengkonsumsi serta 28 orang sangat menyukai, hal ini dapat dikatakanbahwa produk ini sebetulnya telah mendapat tempat di hati masyarakat. Hasil analisis SWOT terlihat bahwa produk Otak-otak Bandeng Suroboyo ini  antara peluang dengan kekuatan yang dimiliki saling mendukung, hal ini diketahui dari titik singgung IFAS dan EFAS berada pada kuadran 1 (Positif, Positif). Untuk itu strategi yang bisa dilakukan oleh UKM “KUEKU†dalam memasarkan otak-otak bandeng Suroboyo agar optimal adalah strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan melakukan Strategi Ofensif
Downloads
References
Freddy Rangkuti. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2013
Kotler, Philip and Garry Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.2008.
Purwanto,I,. Manajemen Strategi, Y rama Widya, Bandung 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.2014
Tjiptono F, Diana A . Kepuasan Pelanggan, Konsep,Pengukuran, dan Strategi. Penerbit CV. Andi Offset 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by KAIZEN Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to KAIZEN Journal.
KAIZEN has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.