Mengoptimalkan Pemasaran Produk UKM di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Mundari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Zainal Arief Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Erma Yuliaty Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adiati Trihastuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sri Hadijono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7893

Keywords:

Pandemi Covid-19, Otak-otak Bandeng, Pemasaran

Abstract

Wabah covid-19 membuat dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Salah satu UKM yang terkena dampak  pandemi Covid-19 adalah UKM “KUEKU†yang beralamat Jln.Carikan IV no.6A Kecamatan Bubutan Surabaya. Produk yang dihasilkan UKM ini adalah Otak-otak Bandeng Suroboyo. Permasalahan yang dihadapi UKM produsen Otak-otak Bandeng sejak  terjadinya pandemi covid-19 ini adalah penjualan menurun drastis sehingga tinggal 30%  . Strategi pemasaran perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar UKM  bangkit kembali dari keterpurukan. Hasil dari pengamatan terhadap konsumen  Otak-otak Bandeng Suroboyo adalah konsumenya berusia 35 tahun ke atas. Sedangkan masyarakat yang berusia dikisaran 15-35 tahun berdasarkan angket yang disebar sebanyak 100 orang,  banyak yang mengenal otak-otak bandeng Suroboyo tapi  sebatas mendengar saja sebanyak  87 orang  dan  38 orang   pernah mengkonsumsi serta 28 orang  sangat menyukai, hal ini dapat dikatakanbahwa produk ini sebetulnya telah mendapat tempat di hati masyarakat.  Hasil analisis SWOT terlihat bahwa produk  Otak-otak Bandeng Suroboyo ini  antara peluang dengan kekuatan yang dimiliki saling mendukung, hal ini diketahui  dari titik singgung IFAS dan EFAS berada pada kuadran 1 (Positif, Positif). Untuk itu strategi yang bisa dilakukan oleh UKM “KUEKU†dalam memasarkan otak-otak bandeng Suroboyo agar optimal adalah  strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan  melakukan Strategi Ofensif

Downloads

References

Freddy Rangkuti. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2013

Kotler, Philip and Garry Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.2008.

Purwanto,I,. Manajemen Strategi, Y rama Widya, Bandung 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.2014

Tjiptono F, Diana A . Kepuasan Pelanggan, Konsep,Pengukuran, dan Strategi. Penerbit CV. Andi Offset 2019.

Downloads

Published

30-11-2020

Issue

Section

Articles