Masalah Rute Kendaraan Heterogen, Waktu Jendela, Produk dan Penyimpanan Majemuk Serta Mempertimbangkan Faktor Emisi Kendaraan
DOI:
https://doi.org/10.25273/kaizen.v3i1.6252Keywords:
Algoritma Harmony Search, Algoritma Nearest Neighbour, Masalah rute kendaraanAbstract
Masalah rute kendaraan (MRK) adalah salah satu hal penting dalam kegiatan transportasi dan distribusi dalam manajemen rantai pasok. Penugasan kendaraan hingga penentuan urutan distribusi menjadi salah satu keputusan yang penting dalam hal tersebut. Penelitian ini membahas mengenai beberapa jenis dari masalah rute kendaraan (MRK) dasar yang meliputi varian-varian masalah rute kendaraan, yaitu: kendaraan heterogen (heterogeneous fleet), waktu jendela (time window), produk dan penyimpanan majemuk (multiple product and compartments), serta mempertimbangkan faktor emisi. Fungsi tujuan pada penelitian ini adalah meminimasi total biaya transportasi yang meliputi biaya tetap (fixed cost), biaya variabel (variable cost), dan biaya tentative (tentative cost). Variabel keputusan pada masalah rute kendaraan di penelitian ini adalah kendaraan yang digunakan dan urutan distribusi produk. Kendaraan yang digunakan dalam pemecahan masalah rute kendaraan pada penelitian ini adalah kendaraan CDE dengan kapasitas 7,2 Â dan CDD dengan kapasitas 13,2 . Algoritma nearest neighbour digunakan untuk menentukan solusi awal dan selanjutnya digunakan algoritma Harmony Search untuk memecahkan masalah rute kendaraan. Model matematika pada penelitian ini dilakukan penyelesaian menggunakan software MATLAB R2014. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dikethaui bahwa model MRK untuk distribusi produk dapat meminimasi total jarak sebesar 402 km atau sebesar 21,3 % dan meminimasi total biaya transportasi sebesar 541.685,7 rupiah atau sebesar 15,34 %. Penelitian selanjtunya dapat memepertimbangkan faktor kemacetan maupun akses jalan yang dilalui kendaraan.
Downloads
References
H. A. Salim, Manajemen Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers, 1993.
M. H. Hugos and C. Thomas, Supply Chain Management in the Retail Industry. Pennsylvania: John Wiley & Sons, Inc., 2006.
P. Massimo, “Vehicle Routing Problems.†Universita de Genova, Genoa, 2001.
V. E. Outram and E. Thompson, “Driver’s Perceived Cost in Route Choice,†in Proceedings PTRC Annual Meeting, 1978, pp. 226–257.
G. B. Dantzig and J. H. Ramser, “The Truck Dispatching Problem,†Manag. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 80–91, 1959.
C. S. Hutasoit, S. Susanty, and A. Imran, “Penentuan Rute Distribusi Es Balok Menggunakan Algoritma Nearest Neighbour dan Local Search (Studi kasus di PT X),†Reka Integr., vol. 02, no. 02, pp. 268–276, 2014.
Suprayogi and Y. Priyandari, “Alogaritma Sequential Insertion untuk Memecahkan Vehicle Routing Problem dengan Multiple Trips, Time Window dan Simultaneous Pickup Delivery,†Performa, vol. 7, no. 1, pp. 88–96, 2008.
P. Toth and D. Vigo, The Vehicle Routing Problem. Philadelpia: SIAM, 2002.
Z. W. Geem, K. S. Lee, and Y. Park, “Application of Harmony Search to Vehicle Routing,†Am. J. Appl. Sci., vol. 2, no. 12, pp. 1552–1557, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by KAIZEN Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to KAIZEN Journal.
KAIZEN has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.