Masalah Rute Kendaraan Heterogen, Waktu Jendela, Produk dan Penyimpanan Majemuk Serta Mempertimbangkan Faktor Emisi Kendaraan

Authors

  • Prafajar Suksessanno Muttaqin Universitas Telkom
  • Erlangga Bayu Setyawan Universitas Telkom
  • Nia Novitasari Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25273/kaizen.v3i1.6252

Keywords:

Algoritma Harmony Search, Algoritma Nearest Neighbour, Masalah rute kendaraan

Abstract

Masalah rute kendaraan (MRK) adalah salah satu hal penting dalam kegiatan transportasi dan distribusi dalam manajemen rantai pasok. Penugasan kendaraan hingga penentuan urutan distribusi menjadi salah satu keputusan yang penting dalam hal tersebut. Penelitian ini membahas mengenai beberapa jenis dari masalah rute kendaraan (MRK) dasar yang meliputi varian-varian masalah rute kendaraan, yaitu: kendaraan heterogen (heterogeneous fleet), waktu jendela (time window), produk dan penyimpanan majemuk (multiple product and compartments), serta mempertimbangkan faktor emisi. Fungsi tujuan pada penelitian ini adalah meminimasi total biaya transportasi yang meliputi biaya tetap (fixed cost), biaya variabel (variable cost), dan biaya tentative (tentative cost). Variabel keputusan pada masalah rute kendaraan di penelitian ini adalah kendaraan yang digunakan dan urutan distribusi produk. Kendaraan yang digunakan dalam pemecahan masalah rute kendaraan pada penelitian ini adalah kendaraan CDE dengan kapasitas 7,2  dan CDD dengan kapasitas 13,2 . Algoritma nearest neighbour digunakan untuk menentukan solusi awal dan selanjutnya digunakan algoritma Harmony Search untuk memecahkan masalah rute kendaraan. Model matematika pada penelitian ini dilakukan penyelesaian menggunakan software MATLAB R2014. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dikethaui bahwa model MRK untuk distribusi produk dapat meminimasi total jarak sebesar 402 km atau sebesar 21,3 % dan meminimasi total biaya transportasi sebesar 541.685,7 rupiah atau sebesar 15,34 %. Penelitian selanjtunya dapat memepertimbangkan faktor kemacetan maupun akses jalan yang dilalui kendaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Prafajar Suksessanno Muttaqin, Universitas Telkom

Faculty of Industrial and System Engineering, Major of Logistics Engineering

Erlangga Bayu Setyawan, Universitas Telkom

Faculty of Industrial and System Engineering, Major of Logistics Engineering

Nia Novitasari, Universitas Telkom

Faculty of Industrial and System Engineering, Major of Logistics Engineering

References

H. A. Salim, Manajemen Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers, 1993.

M. H. Hugos and C. Thomas, Supply Chain Management in the Retail Industry. Pennsylvania: John Wiley & Sons, Inc., 2006.

P. Massimo, “Vehicle Routing Problems.†Universita de Genova, Genoa, 2001.

V. E. Outram and E. Thompson, “Driver’s Perceived Cost in Route Choice,†in Proceedings PTRC Annual Meeting, 1978, pp. 226–257.

G. B. Dantzig and J. H. Ramser, “The Truck Dispatching Problem,†Manag. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 80–91, 1959.

C. S. Hutasoit, S. Susanty, and A. Imran, “Penentuan Rute Distribusi Es Balok Menggunakan Algoritma Nearest Neighbour dan Local Search (Studi kasus di PT X),†Reka Integr., vol. 02, no. 02, pp. 268–276, 2014.

Suprayogi and Y. Priyandari, “Alogaritma Sequential Insertion untuk Memecahkan Vehicle Routing Problem dengan Multiple Trips, Time Window dan Simultaneous Pickup Delivery,†Performa, vol. 7, no. 1, pp. 88–96, 2008.

P. Toth and D. Vigo, The Vehicle Routing Problem. Philadelpia: SIAM, 2002.

Z. W. Geem, K. S. Lee, and Y. Park, “Application of Harmony Search to Vehicle Routing,†Am. J. Appl. Sci., vol. 2, no. 12, pp. 1552–1557, 2005.

Downloads

Published

31-05-2020

Issue

Section

Articles