ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DALAM UPAYA MEMINIMALISASI KERUSAKAN PADA BUAH DENGAN METODE NEW SEVEN QUALITY TOOLS (STUDI KASUS DI PT LION SUPER INDO)

Vera Nova L Raja, Elrico Alan Febryansyah

Abstract


Perusahaan yang di amati merupakan salah satu perusahaan ritel terbaik yang menjual produk segar sebagai fokus penjualannya.  Banyaknya produk buah lokal yang mengalami busuk dan rusak  membuat keinginan membeli dari pelanggan menurun. Oleh sebab itu perlu  pengendalian kualitas yang berkelanjutan saat proses kerja. Dengan adanya pengendalian kualitas dan  perbaikan akan  menurunkan jumlah kerusakan buah lokal. Penelitian bertujuan mencari faktor-faktor penyebab kerusakan yang terjadi pada buah lokal. Penelitian ini menggunakan metode New Seven Quality Tools, dimana dari hasil yang ditemukan dalam identifikasi menunjukkan bahwa faktor buah, kondisi pajangan, faktor metode kerja dan faktor karyawan. Perusahaan perlu lebih detail lagi dalam pengecekan kualitas buah, dan perlu pembelajaran ulang prosedur kerja karyawan agar fungsi karyawan lebih optimal dalam melaksanakan proses kerja.

Keywords


Kerusakan; New Seven Quality Tools; Perbaikan

Full Text:

PDF

References


V. Gasperz, “ISO 9001: 2000 and Contunial Quality Improvement, PT,” Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

P. Wisnubroto, “Dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools Sebagai Usaha Pengurangan Kecacatan Produk,” J. Tek. Ind. IST Akprind, 2015.

A. Chandradevi and N. B. Puspitasari, “Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Botol X 500 Ml Pada PT. Berlina, Tbk Dengan Menggunakan Metode New Seven Tools,” Progr. Stud. Tek. Ind. Fak. Tek. Univ. Diponegoro, 2016.

E. Herjanto, “Pengantar Manajemen Operasi,” Manaj. Operasi Ed. Ketiga, 2007.

M. A. Novia, B. Semmaila, and I. Imaduddin, “Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Tata Kelola, 2020.

E. Setyowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi,” J. Manaj. Dayasaing, 2017.

S. N. W. Diva Permatasari Rachmadina, “Analisis Penyebab Cacat Pada Penyetripan Obat X Di Pt. Xyz Menggunakan New Seven Tools,” Anal. Penyebab Cacat Pada Penyetripan Obat X Di Pt. Xyz Menggunakan New Seven Tools, 2015.

R. . Raden, H. Nina, and Nuryati, “Analisis Kerusakan Mekanis dan Umur Simpan pada Rantai Pasok Buah Naga di Kabupaten Tanah Laut,” J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, 2018.

Six Sigma Daily, “The Activity Network Diagram,” Six Sigma Daily, 2012. .

S. Mizuno and N. Bodek, “The Process Decision Program Chart (PDPC),” in Management for Quality Improvement, 2020.


Article Metrics

Abstract has been read : 749 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v4i1.10530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats