Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Otomasi Industri Berbasis Arduino Mega 2560 pada Mata Kuliah Elektromekanik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Psikomotorik Mahasiswa

Authors

  • Rizky Dwi Wisesa Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i1.8927

Abstract

Dunia pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Beragam strategi yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kaya serta mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman konsep dan kemampuan psikomotorik. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih dari sekelompok yang homogen sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 6 program studi Pendidikan Teknik Elektro UNIPMA Pengumpulan data menggunakan tes Pemahaman konsep berupa soal pilihan ganda dan tes kemampuan psikomotorik berupa unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, dalam analisis data hipotesis menggunakan analisis uji t. Hasil analisis data tes Pemahaman konsep menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu thitung = 16,257 dan ttabel = 1,795 dan Hasil analisis data kemampuan psikomotorik menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu thitung = 29,47 dan ttabel = 1,795 yang berarti Ho di tolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Otomasi Industri Berbasis Arduino Mega 2560 Pada Mata Kuliah Elektro Mekanik Terhadap Pemahaman konsep dan Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-03-2021

Issue

Section

Articles