Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Otomasi Industri Berbasis Arduino Mega 2560 pada Mata Kuliah Elektromekanik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Psikomotorik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i1.8927Abstract
Dunia pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Beragam strategi yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kaya serta mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman konsep dan kemampuan psikomotorik. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih dari sekelompok yang homogen sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 6 program studi Pendidikan Teknik Elektro UNIPMA Pengumpulan data menggunakan tes Pemahaman konsep berupa soal pilihan ganda dan tes kemampuan psikomotorik berupa unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, dalam analisis data hipotesis menggunakan analisis uji t. Hasil analisis data tes Pemahaman konsep menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu thitung = 16,257 dan ttabel = 1,795 dan Hasil analisis data kemampuan psikomotorik menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu thitung = 29,47 dan ttabel = 1,795 yang berarti Ho di tolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Otomasi Industri Berbasis Arduino Mega 2560 Pada Mata Kuliah Elektro Mekanik Terhadap Pemahaman konsep dan Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
31-03-2021
Issue
Section
Articles
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.