Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik AC di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i1.8922Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC sebelum diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (2) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC setelah diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mata pelajaran rangkaian listrik AC terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa semester IV di Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan hasil data dinyatakan layak dan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video secara signifikan dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
31-03-2021
Issue
Section
Articles
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.