Implementasi Media Interaktif Berbasis Macro Mediaflash pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i2.7558Abstract
Rendahnya minat belajar siswa dikarenakan minimnya media penunjang yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga mengurangi minat dan keaktifan siswa dalam belajar. Diantara banyaknya peggunaan media pembelajaran salah satunya adalah menggunakan media animasi macromedia flash dan didukung penegaplikasian metode direct instruction di kelas sehingga mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menerima pembelajaran. Siswa akan lebih berminat dan berimajinasi langsung dalam menangkap pelajaran, dan lebih mudah untuk penguasaan materi pelajaran yang dipelajari. Selain itu, dengan menggunakan media ini siswa mampu memecahkan permasalahan yang dialami selama proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik menggunakan media animasi macromedia flash dengan media konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis ulangan harian (UH) pada mata pelajaran SPE. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif . Data yang dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,97 sedangkan kelas kontrol 77,36 dan untuk uji t hasil perhitungan diperoleh ≥ atau 5,06 ≥ 1,998. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media animasi macromedia flash dibandingkan dengan media konvensional. Minat siswa dalam belajar sangat tinggi dan siswa lebih mudah menganalisa serta berimajinasi pada saat proses belajar berlangsung.
Â
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.