Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Sulistianingsih AS

Abstract


Penggunaan multimedia dalam perguruan tinggi sudah selayaknya menjadi salah satu cara alternatif untuk lebih mendekatkan mahasiswa dengan peran dan manfaat teknologi berbasis komputer, serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswapada model pembelajaran berbasis multimedia (multimedia based learning) atau MbL khususnya pada matakuliah Teknologi Bahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis penelitian eksperimental semu (quasi experiment). Rancangan penelitian menggunakan desain one sample group pretest-postestuntuk mengetahui pengaruh model MbL terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan paired sample t-test.Responden penelitian terdiri dari 16 orang mahasiswa pada program studi S1 Arsitektur STT Stikma Internasional Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui test hasil belajar mahasiswayang telah melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanantara skor pretes dan postes mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaranberbasis multimedia yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis multimedia (MbL) mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah teknologi bahan S1 Arsitektur STT Stikma Internasional Malang.

Keywords


model pembelajaran, multimedia, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Sulistianingsih & Carina, A. 2019. Developing Interactive E-book as Material Technology Coursebook by Flipbook Maker Software. Journal of Education and Practice, 10(24), 11-17.

Kusuma, A. 2011.E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Lentera Pendidikan, 14(1), 35-51.

Saputria, D.F., Fadilahb, S. & Wahyudi. 2016. Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2 (2), 7-14.

Kurniawati, I.D.& Nita, S. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Rohman, M., Sudjimat, D.A., Sugandi, M. & Nurhadi, D. 2019.Developing An Interactive Digital Book to Improve the Technical Drawing Abilities of Mechanical Engineering Students. Global J. of Engng. Educ., 21(3), 239-244.

Pandey, P. & Pandey, M.M. 2015. Research Methodology: Tools And Techniques. Romania: Bridge Center.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Ismail, A., Suherman, U. & Jamilah. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Garut. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2, (1), 205-214.


Article Metrics

Abstract has been read : 973 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :