Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik

Authors

  • Lely Yuliawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mustofa Abi Hamid Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197

Keywords:

Media Pembelajaran, Adobe Flash, E-Modul.

Abstract

Analisis Kebutuhan Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis adobe flash yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran e-modul berbasis adobe flash ini dalam proses pembelajaran pada Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) & Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap analisis merupakan tahap menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan materi. Tahap perancangan dengan merancang desain dan isi media pembelajaran. Tahap pengembangan dan implementasi dengan e-modul berbasis adobe flash sebagai media. Tahap implementasi dilaksanakan kepada seluruh siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap evaluasi diketahui apakah Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash dan materi yang disajikan sudah layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. H. M. Dinsyah. 2015. Manajemen Praktik Kerja Industri. Surabaya: Kresena Bina Insan Prima.

. O. A. Meyer, M. K. Omdahl, and G. Makransky. 2019. Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment, Comput. Educ., vol. 140, p. 103603,

. S. Schneider, S. Nebel, M. Beege, and G. D. Rey. 2018. The autonomy-enhancing effects of choice on cognitive load, motivation and learning with digital media, Learn. Instr., vol. 58, pp. 161–172,

. D. Rochmawati. 2019. Evaluation of universal design for constructivist-based statistics learning module for students’ increased motivation, vol. 13, no. 3, p. 10

. B. Choi and Y. Baek. 2011. Exploring factors of media characteristic influencing flow in learning through virtual worlds, Comput. Educ., vol. 57, no. 4, pp. 2382–2394,

. D. Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

. A. C. Sari, A. M. Fadillah, J. Jonathan, and M. R. David Prabowo. 2019. Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia, Procedia Comput. Sci., vol. 157, pp. 589–595,

. H. D. Saputra, N. Nasrun, and W. Wakhinuddin. 2019. Development of Web-Based Learning Media in Vocational Secondary School,†VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, p. 37, Apr.

. I. Wijaya and R. Sefriani. 2017. Interactive Modules Based Adobe Director On Computer Assembling Subjects For Vocational Secondary School Students,†VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 2, p. 73,

. M. Hosnan and Suherman. 2013. Kamus Profesional Guru. Jakarta: Yudhistira,

. H. Jonias. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Elektronika di Smpn 6 Surabaya,†vol. 03, p. 5.

. I. M. Tegeh and I. M. Kirna. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sdn 1 Selat, J. Ika,

. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA,

. Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: ALFABETA,

Downloads

Published

31-03-2020

Issue

Section

Articles