Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI) Terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan

Authors

  • Muhammad Hudan Rahmat Universitas Palangka Raya
  • Sukardi Sukardi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5182

Keywords:

training within industry, kompetensi, kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran TWI  terhadap  kompetensi  siswa  Sekolah  Menengah Kejuruan  (SMK).  Penelitian  ini tergolong penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Analisis data  menggunakan  statistik  nonparametrik  yaitu  uji  Mann  Whitney,  dikarenakan  tidak
terpenuhinya uji asumsi. Perhitungan skor n-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kompetensi  siswa  setelah  proses  perlakuan.  Hasil  penelitian  ini  mennyimpulkan  adanya pengaruh  model pembelajaran  TWI  terhadap  pencapaian  kompetensi  siswa,  dan  diperoleh
rata-rata skor n-gain sebesar 0,3 (30%). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi siswa  sebelum  dan  sesudah  perlakuan  model  pembelajaran  TWI  termasuk  dalam  kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Earnest, J. & de Melo, F.E. (2001). Competency-Based Engineering Curricula – An

Innovative Approach. International Conference on Engineering Education, 6–10

Agustus 2001, Oslo, Norway.

Suarta, I Made. (2011). Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Konsep

Diri dan Pengembangan Employability Skills Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan. 16: 24-41.

Asplund, S.B., & Kilbrink, N. (2018). Learning How (and How Not) to Weld:

Vocational Learning in Technical Vocational Education. Scandinavian Journal of

Educational Research, 62(1):1-16.

Leonard, K., Noh, E. & Orey, M. (2010). Introduction to Emerging Perspectives on

Learning, Teaching, and Technology. Dalam M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives

on Learning, Teaching, and Technology (hlm.8-24). Zurich: Catherine Land.

Moedzakir, M.D. (2010). Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar

Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Huntzinger, J. (2002). The Roots of Lean. Training within Industry: The Origin of

Kaizen. (Online), (www.trainingwithinindustry.net), diakses 20 Juni 2019.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Arafat, M.Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI). Pedagogika: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 8(3):309-319.

Fadmadilla, D., Usmeldi, & Krismadinata. (2017). Penerapan Strategi Training Within

Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik.

Invotek, 17(2): 21-26.

Hartoyo, T.H., Mardji, & Dardiri, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Training

Within Industry (TWI) dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Motivasi

serta Kesiapan Kerja Bidang Teknik Bubut Siswa SMK Kompetensi Keahlian

Teknik Pemesinan se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, 1(8): 1633-1639.

Arifandani, F., & Dorintan, N.F. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara

Pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan Konvensional pada Mata Diklat

Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kalianget. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik

Bangunan, 3(3): 158-164.

Suwandi. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Bakat Mekanik

terhadap Pencapaian Kompetensi Mengelas Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan

Kejuruan, 33(1): 15-28.

Lucas, B., Spencer, E. & Claxton, G. (2012). How to Teach Vocational Education: A

theory of Vocational Pedagogy. London: City & Guilds Centre for Skills

Development.

Claxton, G., Lucas, B. & Webster, R. (2010). Bodies of Knowledge: How the Learning

Sciences Could Transform Practical and Vocational Education. Edge/Centre for

RealWorld Learning.

Downloads

Published

26-09-2019

Issue

Section

Articles