Efektivitas Project based Learning pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri

Authors

  • Oriza Candra Universitas Negeri Padang
  • Elfizon Elfizon Universitas Negeri Padang
  • Syaiful Islami Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5163

Keywords:

Efektifitas, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Experimental, subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri (D4) Jurusan Teknik Elektro FT UNP Tahun Masuk 2013. Dimana terdiri dari 2 Grup Praktek yang masing-masing berjumlah 16 orang. Instrumen yang digunakan adalah langkah dalam kinerja dan hasil produk. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kinerja 82,3, sedangkan pada hasil penilaian produk diperoleh nilai rata-rata 88,75. Dari pencapaian hasil pembelajaran mahasiswa dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kategori tinggi (45%), dan sangat tinggi (55%), Sehingga disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lee, J., Kao, H., & Yang, S. (2014). Service innovation and smart analytics for Industry 4 . 0 and big data environment. Procedia CIRP, 16, 3–8. https://doi.org/10.1016/j.procir.2014.02.001

Lee, N. (2013). A Conceptual Framework for Technology-Enhanced Problem-Based Learning in Construction Engineering and Management Education. Journal of American Society for Engineering Education.

Rojko, A. (2017). Industry 4.0 Concept: Background and Overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(5), 77. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072

Jaschke, S. (2015). Mobile learning applications for technical vocational and engineering education: The use of competence snippets in laboratory courses and industry 4.0. Proceedings of 2014 International Conference on Interactive Collaborative Learning, ICL 2014, (December), 605–608. https://doi.org/10.1109/ICL.2014.7017840

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Knight, K., & Murphey, T. (2017). Soft Assembling Project-based Learning and Leadership in Japan, 21(1), 1–12

Talat, A., & Chaudhry, H. F. (2014). The Effect of PBL and 21st Century Skills on Students ’ Creativity and Competitiveness in Private Schools. THe Lahore Journal of Business, 2(Spring), 89–114.

Alves, A. C., Mesquita, D., Moreira, F., & Fernandes, S. (2011). Teamwork in Project-Based Learning: engineering students’ perceptions of strengths and weaknesses. Int. Symp. Proj.

di Gropello, E., Kruse, A., & Tandon, P. (2011). Skills for the Labor Market in Indonesia. https://doi.org/10.1596/978-0-8213-8614-9

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdi, A. (2010). Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Desain Grafis pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

26-09-2019

Issue

Section

Articles