Pengukuran Tingkat Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Praktikum Gaya Gerak Listrik Induksi di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Authors

  • Julius Zai Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ishafit Ishafit Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i1.4129

Keywords:

keterampilan proses sains, GGL induksi, praktikum fisika dasar I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan angkatan 201/2018 dengan jumlah sampel 17 mahasiswa. Pemilihan sampel tersebut dengan cara purposive sampling. Instrumen pengambilan data penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains.
Berdasarkan  hasil analisis uji-T diperoleh bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 77.06 berada diatas nilai  kriteria ketuntasan minimal yang berbeda secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Yennita, Sukmawati, M., dan Zulirfan. 2012. Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA

Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 111.

. Wardani, U.A., & Ishafit. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery

Learning dengan Data Sharing Technology pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Riset

dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(1), 23-25.

. Gultepe, Nejla. 2016.. High School Science Teachers’ Views on Science Process Skills. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 11. No. 5. 779-800

. Hendri, Edi. 2010. Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Junal Saung Guru, 1(2), 1-11.

. Delors, J. 1996. Learning: The Treasure Within. Paris: UNESCO.

. Rezba, J., Richard dkk.1995. Learning of Assesing Science Proses Skills. Amerika: Kendal/Hunt Publising Company.

. Semiawan, Conny, Tangyong, A. F., Belen, F., Matahelemual, Yulaelawati, dan Suseloardjo, Wahjudi. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo.

. Sudargo, Fransisca, dan Asiah, S. 2010. Kemampuan Pedagogik Calon Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(1), 4-12.

. Mustika, I., & Murniati, N.A. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran

/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1).

. Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. Mintohari, Suryanti dan Widodo. 2011. Keterampilan Proses Dalam IPA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. (Online). (http://pjjpgsd.unesa.ac.id/do k/1.Suplemen-1Ketr%20Proses%20dan%20i.

. Rohaeni, M. A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan. Bandung: Unversitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

31-03-2019

Issue

Section

Articles