Pengembangan Media Pembelajaran Smart Tester Berbasis Digital ATMega 32 pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3334Abstract
berbasis digital ATMega32 pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran
mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang adanya kolaborasi penggunaan media
pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat
belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah.
Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil
menggunakan teknik angket   kelompok kecil dan angket kelompok besar. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan angket kelayakan. Tingkat kelayakan smart tester berbasis digital
ATMega32 sebagai media pembelajaran dengan hasil uji validasi pemakaian oleh ahli media
memperoleh persentase 87,67% sehingga dikategorikan sangat layak. Untuk uji pemakaian
kepada mahasiswa persentase yang didapatkan sebesar 81,42% sehingga dikatagorikan
sangat layak. Simpulan pada penelitian ini adalah hasil dari penelitian pengemban
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan
Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan
Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30.
(http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.