Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Listrik
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3332Abstract
pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bengkel
Listrik. Dalam pembelajaran mata kuliah Bengkel Listrik kurang adanya kolaborasi
penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam
pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang
digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
24,74 dan t
tabel
= 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis
penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari
penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata
kuliah Bengkel Listrik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.
Muhson, A. (2007). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistika Lanjut.
Lumbung Pustaka Universitas Negeri
Yogyakarta. (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/penelitian/Ali+Muhson++
Problem+Solving.pdf, diunduh 13 Mei 2017).
Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.