Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika

Authors

  • Ikhwanudin D P Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3331

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  media
pembelajaran  trainer  elektronika  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa  pada  mata  kuliah
Rangkaian  Elektronika.  Dalam  pembelajaran  mata  kuliah  Rangkaian  Elektronika  kurang
adanya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang
aktif  dalam  pembelajaran  serta  minat  belajar  mahasiswa  menjadi  kurang  sehingga  hasil
belajar  mahasiswa  menjadi  rendah.  Penelitian  ini  berbentuk  penelitian  kuantitatif.  Sampel
yang  digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas
sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan  (posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  trainer  elektronika.  Teknik
pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  untuk  data  hasil  belajar  mahasiswa.  Teknik
analisis data menggunakan  uji t.  Berdasarkan hasil  uji  t  yang menunjukkan  bahwa  t
hitung
=
10,86  dan  t
tabel
=  1,761  untuk  db  =  14  dan  taraf  signifikansi  5%,  thitung  >  ttabel,  sehingga
hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh
dari  penggunaan media  pembelajaran trainer  elektronika  terhadap hasil  belajar mahasiswa
pada mata kuliah Rangkaian Elektronika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Mulyasa. (2015). Pengembangan Dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 44 Th.

Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

19-10-2018

Issue

Section

Articles