Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3331Abstract
pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah
Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang
adanya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang
aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil
belajar mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel
yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas
sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
10,86 dan t
tabel
= 1,761 untuk db = 14 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga
hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh
dari penggunaan media pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa
pada mata kuliah Rangkaian Elektronika.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Mulyasa. (2015). Pengembangan Dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 44 Th.
Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.