PengembanganTrainer Osilator Analog berbasis IC Op-Amp (Studi Kasus Penelitian R&D di JTE FT UM)

Authors

  • Syifaul Fuada University Center of Excellence on Microelectronics, Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Hakkun Elmunsyah Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
  • Suwasono Suwasono Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i1.2388

Keywords:

Media pembelajaran, Osilator, trainer board

Abstract

Makalah ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menghasilkan seperangkat produk media pembelajaran praktikum sistem instrumentasi analog, yaitu pembangkit sinyal (osilator) yang terdiri dari atas produk yakni: (1) alat peraga atautrainer yang terdiri atas osilator Phase Shift RC; osilator Wien Bridge; osilator Hartley; osilator Colpitts;  dan Astable Multivibrator. (2) Modul praktikum pegangan dosen dan modul praktikum untuk mahasiswa, serta (3) Manual Bookyang merupakan petunjuk penggunaan alat peraga. Objek peneltian dilakukan di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (JTE FT UM) yang dilatarbelakangi oleh perlunya alat peraga osilator dilabolatoriumnya untuk menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran. Ketiga produk telah diuji coba baik secara fungsional maupun uji kelayakan pemakaian produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kelompok responden yakni: Ahli media, Ahli materi,dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria valid dari para ahli dan mendapat respon positif dari mahasiswa praktikan. Dengan demikian perangkat media yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Fuada, “Perancangan sistem control pada prototip pengering kerupuk berbasis IC digital menggunakan software Proteus 7.0,†J. Setrum, Vol. 6(2), pp. 88-96, Juni 2017.

S. Fuada and F.T. Aquari, “Square wave generator circuit analysis using Matlab approach,†Int. J. of Engineering Sciences & Research Technology(IJESRT), Vol. 2(2), pp. 371-382, February 2013.

S. Fuada and A.H. Salman, “Virtual labs of analog oscillator,†Int. J. of Online Engineering (IJOE), Vol. 12(8), pp. 31-32, 2016. DOI: http://dx.doi.org/10.3991/ijoe.v12i08.5911

S. Fuada and A.W. Wibowo, “Desain dan implementasi virtual laboratory materi osilator analog berbasis IC OP-AMP,†J. Elkomika, Vol. 4(2), pp. 134-147, Desember 2016.

A.W. Wibowo and S. Fuada, “Media pembelajaran analog oscillator virtual lablatory,†J. Telematika, Vol. 13(1), pp. 23-30, January 2016.

Silabus Workshop Instrumentasi Industri (PTEL 660). Katalog Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, pp 120.

Suryani, “Pemodelan & Simulasi,†Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Daryanto, “Menyusun Modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar,†Yogyakarta: Gava Media, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,†Bandung: Alfabeta, 2011.

S. Fuada, “Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri,†Proc. of Seminar Nasional Pendidikan (SEMNASDIK), pp. 854-861, November 2015.

S. Akbar, â€Instrumen Perangkat Pembelajaran,†Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010)â€. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

S. Fuada, “Pengujian Trainer Oscilator Wien Bridge dengan Menggunakan Osciloskop dan Frekuensi Counterâ€. Proc. of Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (SENTIA). Vol. 6, pp. A32-A36, Juni 2014.

S. Fuada, H. Elmunsyah and Suwasono, “Design and Fabrication of LC-Oscillator Tool Kits Based Op-Amp for Engineering Education Purpose,†Indonesian J. of Electrical Engineering and Computer Science, Vol. 1(1), pp. 88-100, January 2016. DOI: http://dx.doi.org/10.11591/ijeecs.v1.i1.pp88-100

S. Fuada, “Pembuatan Trainer Board Astable Multivibrator (AM) Sebagai Media Pembelajaran,â€Jurnal Nasional Teknik Elektro (JNTE), Vol. 5(2), pp. 244-251, Juli 2016.

Downloads

Published

23-03-2018

Issue

Section

Articles