Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Listrik Berbasis “Augmented Reality” pada Mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA

Yussi Anggraini, Ina Sunaryantiningsih

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang interaktif sangat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran “augmented reality” pada mahasiswa Teknik elektro UNIPMA. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Iresearch and development). Prosedur penelitian dan pengembangan menurut model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap di antaranya: analisis, desain produk, kemudian dilakukan pengembangan produk, implementasi produk dan terakhir evaluasi produk. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 mahasiswa program studi Teknik elektro. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner.  Data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis “augmented reality” termasuk kategori sangat layak untuk membantu proses pembelajaran pada mahasiswa teknik elektro. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality layak digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran pengukuran listrik pada mahasiswa Teknik elektro.

Keywords


Augmented reality, Pengukuran listrik, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Mareta, A. 2015. Implementasi Media Ajar Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality pada SMPN 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Skripsi tidak diterbitkan. UNS. Semarang.

Baharudin, A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sugmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Skripsi tidak diterbitkan. UNY. Yogyakarta.

Hermawan , L.,Hariadi, M. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur. Seminar nasional teknologi informasi dan komunikasi: 81-88.

Mantasia. 2016. Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK untuk Implementasi Krikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (3): 281-291.

Ananda, T. 2015. Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. 1 (1): 1-6.

Maulana, A. 2016. Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Tata Surya. Prosiding seminar ilmiah nasional computer dan sistem intelejen. 8 (1): 53-59.

Mantasia. 2016. Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK untuk Implementasi Krikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6 (3): 281-291.

Wulansari, O.2013. Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika. 13(1): 169-179

Rusnandi.2012. Implementasi Augmented Reality pada Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Jurnal: 24-31

Siswanto.2013. Perencanaan Alat Peraga 3D Belajar Mengenal Macam-macam Binatang Berbasis Augmented Reality di TK ABA 33 Semarang. Jurnal Teknik Informatika.: 1-9.


Article Metrics

Abstract has been read : 3871 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i1.2386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :