Rancang Bangun Pengendalian Lampu Otomatis Berbasis Arduino UNO Sebagai Alat Peraga Pembelajaran IPA Rangkaian Seri Paralel

Authors

  • Rudi Susanto STMIK Duta Bangsa Surakarta Indonesia
  • Afu Ichsan Pradana STMIK Duta Bangsa Surakarta Indonesia
  • M. Qurdi Ari Setiawan STMIK Duta Bangsa Surakarta Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i1.2383

Keywords:

alat peraga, IPA, seri paralel, arduino

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype alat peraga pembelajaran IPA rangkaian seri paralel. Prototype dikembangkan dengan kombinasi smartphone android, Arduino Uno, Modul Relay 4 Channel, Modul Bluetooth HC-05, Kabel Jumper, Piting, Lampu dan Arduino Sketch serta aplikasi Arduino Bluetooth. Tahapan pengembangan meliputi analisis, perancangan, pembuatan dan pengujian. Hasil penelitian ini adalah alat peraga rangkaian seri dan parallel dari pengendalian lampu otomatis berbasis Arduino Uno. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nyala lampu bisa dikontrol dengan smartphone dan sesuai dengan tombol pada aplikasi yang digunakan untuk menyalakan rangkaian seri dan paralel. Hasil nyala lampu yang dirangkai secara paralel lebih terang dibandingkan nyala lampu yang dipasang secara seri. Pada rangkaian seri lampu dinyala secara bersamaan sedangkan pada rangkaian paralel dinyala secara bergantian. Dari hasil tersebut konsep rangkaian listrik seri dan  paralel dapat diformulasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erowati, Maria Tri. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ISBN: 978-979-3456-52-2.

Kariani, Taviv Listin. 2015. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Benda Langit Dan Peristiwa Alam Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan Jember. Jurnal Pancaran Pendidikan. Vol. 4, No. 4, hal 125-136, Nopember 2015

Muchlis, Muchlis dan Toifur, Moh. 2017. Rancang Bangun Prototype Media Pembelajaran Fisika Berbasis Micro Controller NodeMCU. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika UAD Vol.4 No.1 April 2017.

Riyanti, Galuh Ayu dkk. 2015. Penerapan Alat Peraga Seri-Paralel DC Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hukum Ohm. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 Volume IV, Oktober 2015 p-ISSN: 2339-0654.

Rohendi, Dedi dkk. 2010. Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK) Vol. 3 No.1 / Juni 2010 16. ISSN 1979-9462.

Surya, yohanes. 2012. Gasing Science 6B. Kandel: Tangerang

Downloads

Published

23-03-2018

Issue

Section

Articles