Pengembangan Aplikasi Smart Apps Creator pada Materi Instalasi Motor Listrik Dasar
Keywords:
Pengembangan, Smart Apps Creator, Instalasi Motor Listrik DasarAbstract
Salah satu mata pelajaran penting di SMKN 4 Banda Aceh adalah Instalasi Motor Listrik Dasar yang merupakan inti dari kurikulum kejuruan. Pemahaman yang mendalam tentang instalasi motor listrik dasar sangatlah diperlukan bagi siswa SMKN 4 Banda Aceh membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Salah satunya smart apps creator (SAC) adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi multimedia di seluler, desktop, dan web secara gratis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari pengembangan dan kelayakan media aplikasi menggunakan smart apps creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pengembangan media berbasis SAC serta menilai kelayakannya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Instalasi Motor Listrik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan (research and development). Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa masing-masing mendapatkan hasil persentase sebesar 89%, 92%, 85% membuktikan bahwa media aplikasi instalasi motor Listrik dasar berada pada kategori “Sangat Layak” Sedangkan untuk hasil kuesinoer mendapatkan hasil persentase dari setiap indikator sebesar 89% membuktikan bahwa media aplikasi instalasi motor Listrik berada pada kategori “Sangat Setuju”. Hasil produk menunjukkan bahwa media ini memenuhi tujuan yang ditetapkan, yaitu untuk menyediakan media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk materi Instalasi Motor Listrik Dasar.
Downloads
References
AlFaizi, F. F., & Airohmah, Y. (2023). Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI di Indonesia. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 3(11), 931–943.
Andani, T. (2022). Analisis Validasi Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Gelombang Bunyi di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 213–220. https://doi.org/10.33369/jkf.4.3.213-220
Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2194
Aulia, S., Wulandari, A. Y. R., Ahied, M., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2022). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(2), 50–59.
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2020, Universitas Negeri Surabaya.
Baharudin, B., Haryanto Sinaga, D., & Y. Hutajulu, O. (2021). Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. CV. Pena Persada.
Berlyan, V. I., Nur’aeni, A. I., Sukma, S. C., Alisa, N. D., Setiawati, A. A., Prastika, A. N., & Anggrasari, L. A. (2024). Pengembangan Media Smart Apps Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika. 3, 405–410.
Erwin, E., Iefan Datya, A., & Nurohim. (2023). Pengantar dan Penerapan Internet of Things. Sonpedia Publishing Indonesia.
Juniarti Iryani, Erwin Hafid, & Arifuddin Ahmad. (2023). Media Pembelajaran dalam Presfektif Hadis. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 225–234. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i2.216
Milda, Y. (2024). Pengembangan Media Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Pada Materi Instalasi Motor Listrik Dasar Di SMKN 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ramadhan, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeraaiku. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 49–60.
Sholihah, L. L., & Hidayati, S. N. (2023). PENERAPAN MEDIA SMART APPS CREATOR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 116–122. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4204
Ummah, N. R., Sugeng, S., & Safrudiannur, S. (2024). Kajian Kontekstual Soal Latihan pada Buku Teks Matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk Jenjang SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1200–1210. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2241
Wardani, M. N., Basori, M., & Zaman, W. I. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Smart Apps Creator Materi Perubahan Bentuk Energi pada Kelas IV SDN Kuwik 2. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 79–87.
Wulandari, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman untuk Siswa Kelas X SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Milda Yanti, Muhammad Rizal Fachri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.