Pengaruh Media Pembelajaran Website Tinkercad Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik

Authors

  • Chusnul Khotimah Universitas PGRI Madiun
  • Sulistyaning Kartikawati Universitas PGRI Madiun
  • Denny Hardiyanto Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.19523

Keywords:

media pembelajaran, websiteTinkercad, psikomotorik

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat tentunya bermanfaat untuk keberhasilan pembelajaran, hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa denganbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik, dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan one shot case study design. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 2 Pendidikan Teknik Elektro dengan jumlah sampel 14 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa praktik dengan acuan jobsheet dan penilaian psikomotorik yang dilakukan saat mahasiswa melakukan praktik, kemudian analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa dengan thitung -11,181 dan ttabel 2,160 dan signifikasi 0,000 (signifikansi <0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-03-2024

Issue

Section

Articles