Analisa Proses Pembelajaran Siswa SMK Elektronika Industri Melalui Penggunaan Slide Presentasi dan Video Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Simpang Kanan

Rina Umayya, Malahayati Malahayati, Fathiah Fathiah

Abstract


Penelitian ini dilakukan kerena belum tersedianya media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi kepada siswa, hal ini terlihat dari siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung yang masih berpusat pada guru, sehingga kurang kesempatan siswa untuk aktif. Penelitian dengan tujuan untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi pada mata pelajaran penerpan rangkaian elektronika. Penelitian eksperimen yang melibatkan 1 kelas saja. Metode penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest – posttest. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pretest adalah sebesar 76 sebelum menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi, dan setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi untuk nilai posttest sebesar 85.6 Hasil uji hipotesis diperoleh menggunakan uji sample paired T test. t hitung sebesar 3,15789 dan nilai t tabel sebesar 2,77645. Hasil ini menunjukkan taraf signifikan kurang 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan atau peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan slide presentasi

Keywords


Media Pembelajaran, Video Tutorial, Slide Presentasi

Full Text:

PDF Untitled

Article Metrics

Abstract has been read : 56 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times Untitled file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.19424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :