Analisa Proses Pembelajaran Siswa SMK Elektronika Industri Melalui Penggunaan Slide Presentasi dan Video Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Simpang Kanan
Abstract
Penelitian ini dilakukan kerena belum tersedianya media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi kepada siswa, hal ini terlihat dari siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung yang masih berpusat pada guru, sehingga kurang kesempatan siswa untuk aktif. Penelitian dengan tujuan untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi pada mata pelajaran penerpan rangkaian elektronika. Penelitian eksperimen yang melibatkan 1 kelas saja. Metode penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest – posttest. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pretest adalah sebesar 76 sebelum menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi, dan setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial serta slide presentasi untuk nilai posttest sebesar 85.6 Hasil uji hipotesis diperoleh menggunakan uji sample paired T test. t hitung sebesar 3,15789 dan nilai t tabel sebesar 2,77645. Hasil ini menunjukkan taraf signifikan kurang 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan atau peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan slide presentasi
Keywords
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Slide Presentasi
Article Metrics
Abstract has been read : 68 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times Untitled file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.19424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :