Analisis Proses Pembelajaran Blok Sistem Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK N 2 Sigli

Authors

  • Muhammad Nauval Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Sadrina Sadrina Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Mursyidin Mursyidin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Musafir Musafir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sigli

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.18898

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses sekolah menengah atas dengan tujuan mendidik siswanya menjadi ahli dalam bidang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan sistem blok pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di SMKN 2 Sigli, Bagaimana Pengaruh Sistem Blok Terhadap Prestasi Belajar Kelas. jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dan Quasy Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik berupa korelasi kausal/rasio pengaruh dengan model regresi sederhana dengan aplikasi statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran blok sistem terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik, namun tidak terlalu signifikan, karena hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,864, sedangkan t hitung sebesar 3,864. -tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 yang diperoleh pada akhir perlakuan yaitu 77,72 untuk kelas eksperimen dan 74,40 untuk kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ARIFIN, D. (2012). Universitas negeri medan. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), 26–36. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Husen, U. (2017). Aplikasi Model Tutorial Sebaya Dengan Pengajaran Terpogram Dalam Pembelajaran Qira’Ah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Indah Sari, E., Anggraini, F., Hartama, D., & Okta Kirana, I. (2021). BEES: Bulletin of Electrical and Electronics Engineering Prototype Alat Pengecekan dan Penyortir Kesegaran Cabai Berdasarkan Warna Menggunakan Sensor Tcs230 Berbasis Arduino. 2(1), 1–6.

Marzuki, M., Sadrina, S., & Helmawati, H. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 365–374. https://doi.org/10.24036/jpte.v4i1.153

Masbahah, Kustono, D., & Patmanthara, S. (2014). Efektivitas Sistem Pembelajaran Blok Di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Surabaya. Jurnal Teknik Mesin, 1, 57–70. http://journal.um.ac.id/index.php/teknik-mesin/article/view/4488

Rusmitaningsih, F. N. (2020). Penerapan Program System Block Mastery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8.

Suci, N., Pradnyani, & ADkk. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 21–30.

Downloads

Published

31-03-2024

Issue

Section

Articles