Analisis Proses Pembelajaran Blok Sistem Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK N 2 Sigli
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.18898Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses sekolah menengah atas dengan tujuan mendidik siswanya menjadi ahli dalam bidang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan sistem blok pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di SMKN 2 Sigli, Bagaimana Pengaruh Sistem Blok Terhadap Prestasi Belajar Kelas. jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dan Quasy Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik berupa korelasi kausal/rasio pengaruh dengan model regresi sederhana dengan aplikasi statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran blok sistem terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik, namun tidak terlalu signifikan, karena hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,864, sedangkan t hitung sebesar 3,864. -tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 yang diperoleh pada akhir perlakuan yaitu 77,72 untuk kelas eksperimen dan 74,40 untuk kelas kontrol.
Downloads
References
ARIFIN, D. (2012). Universitas negeri medan. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), 26–36. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Husen, U. (2017). Aplikasi Model Tutorial Sebaya Dengan Pengajaran Terpogram Dalam Pembelajaran Qira’Ah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Indah Sari, E., Anggraini, F., Hartama, D., & Okta Kirana, I. (2021). BEES: Bulletin of Electrical and Electronics Engineering Prototype Alat Pengecekan dan Penyortir Kesegaran Cabai Berdasarkan Warna Menggunakan Sensor Tcs230 Berbasis Arduino. 2(1), 1–6.
Marzuki, M., Sadrina, S., & Helmawati, H. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 365–374. https://doi.org/10.24036/jpte.v4i1.153
Masbahah, Kustono, D., & Patmanthara, S. (2014). Efektivitas Sistem Pembelajaran Blok Di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Surabaya. Jurnal Teknik Mesin, 1, 57–70. http://journal.um.ac.id/index.php/teknik-mesin/article/view/4488
Rusmitaningsih, F. N. (2020). Penerapan Program System Block Mastery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8.
Suci, N., Pradnyani, & ADkk. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 21–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.