Pengaruh Media Pembelajaran Panel Box Listrik Terhadap Keterampilan Instalasi Listrik
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v8i2.17904Keywords:
Panel box listrik, keterampilan instalasi listrik, media pembelajarnAbstract
Mata pelajaran instalasi penerangan listrik merupakan salah satu mata pelajaran kompetensi keahlian bagi siswa yang menempuh kompotensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dibutuhkan media pembelajaran praktik yang dapat menyerupai peralatan asli di bidang instalasi. Media pembelajaran panel box listrik dibuat untuk mempermudah proses belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Panel box listrik dapat memudahkan dalam pengoperasian mesin-mesin listrik dan sebagai indikator mesin ketika mesin itu beroperasi maupun sedang beroperasi. Dalam panel box terdapat berbagai proses yang dapat dipelajari oleh siswa. Â Mata pelajaran instalasi penerangan listrik merupakan mata pelajaran wajib di SMK Ar-Rohman Tegalrejo dan SMK YP 17-1 Madiun. Pengaruh penggunaan media panel box listrik akan diteliti pada kedua sekolah tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI total berjumlah 20 siswa dengan komposisi 10 dari tiap sekolah. Instrumen yang digunakan 10 soal uraian yang telah diuji sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan siswa SMK Ar-Rohman Tegalrejo dapat menyelesaikan soal praktik dengan baik karena menggunakan media panel box. Pengaruh positif terhadap keterampilan instalasi listrik ditunjukkan siswa pengguna media panel box. Keterbatasan pada penelitian ini adalah belum adanya buku petunjuk atau manual book untuk penggunaan panel box.
Downloads
References
Ansori, Z. M., Anifah, L., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan Trainer Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno pada Mata Pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TEI di SMKN 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 69–78. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p69-78
Arumsari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586
Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556
Cahyadi, R. B. (2014). Pengembangan Trainer Instalasi Penerangan Sebagai Media Pembelajaran Instalasi Listrik Program Keterampilan Elektronika Di MAN Kendal. Edu Elektrika Journal, 3(2), 1–8.
Gargita, W., Adiarta, A., & Pracasitaram, S. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik Portable Berbasis Automatic Control Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undhiksa. JPTE : Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(1), 36–47.
Hambali, H., Astrid, E., Hendri, H., & Islami, S. (2020). Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga bagi Masyarakat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 98. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107664
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198–214.
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu, 8(1).
Prastyaningrum, I., Ardi, P., & Pratama, F. Y. D. (2023). Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. 4.
Rifai, A. (2014). Buku Pintar Mengatasi Listrik Di Rumah Cet. 1. Gema Buku Nusantara.
Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dan Video Tutorial Instalasi Listrik dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20220
Setiawan, A. L., & Yuniarti, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Trianer Kit Sistem Pengendali Elektromagnetik. Prodi Pendidikan Teknik Elektro, 7(4), 265–272.
Supegina, F., & Setiawan, E. J. (2017). Rancang Bangun IOT Temperature Controller untuk Enclosure BTS Berbasis Microcontroller Wemos dan Android. Jurnal Teknologi Elektro, 8(2).
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.