Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Listrik Secara Digital dengan Microsoft Visio

Authors

  • Ferza Rizky Prastya Universitas PGRI Madiun
  • Ihtiari Prastyaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Sulistyaning Kartikawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v8i2.17876

Keywords:

Modul, visio, Gambar Teknik

Abstract

Modul pembelajaran merupakan sebuah elemen penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari perancangan modul pembelajaran adalah untuk memberikan pembelajaran yang terstruktur, mandiri, dan fleksibel. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Modul pembelajaran gambar teknik yang digunakan saat ini masih menggunakan media gambar secara manual dengan buku gambar dan pensil, sedangkan di era sekarang ini kegiatan menggambar sudah bisa dilaksanakan secara digital. Salah satu media gambar digital adalah Visio. Gambar dari hasil Visio mudah digunakan untuk keperluan dokumen, presentasi ataupun keperluan lainnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan modul pembelajaran mata kuliah Gambar Teknik menggunakan Visio; 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata kuliah Gambar Teknik menggunakan Visio. Model penelitian yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Penelitian ini dinilai oleh tiga orang validator yang akan menilai dari keseluruhan aspek modul ajar yang peneliti kembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan modul menggunakan model 4D namun hanya sampai pada tahap development. Sedangkan untuk mengetahui kelayakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil sangat sesuai dan reliabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran yang dikembangkan sudah sesuai (layak) untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Gambar Teknik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Prastyaningrum, I., Ardi, P., & Pratama, F. Y. D. (2023). Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 755–760.

Prastyaningrum, I., & Imansari, N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teori Medan. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 56. https://doi.org/10.25273/jupiter.v1i2.999

Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476

Ricu Sidiq & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373

Wahyuni, D., Endramawan, P., & Hardiyanto, D. (2021). Perbandingan Media Konvensional dengan Software terhadap Minat Belajar dan Psikomotorik Gambar Teknik. Edu Elektrika Journal, 10(2), 47–55.

Downloads

Published

30-09-2023

Issue

Section

Articles