Pengembangan Media Pembelajaran Robot Transporter Pada Mata Kuliah Elektromekanik S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i1.1736Keywords:
Media Pembelajaran, Robot Transporter, ElektromekanikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk:  1)  mengetahui  validitas  media pembelajaran yang dikembangkan berupa media pembelajaran kit Robot Transporter, 2) mengetahui respon mahasiswa selama penerapan media pembelajaran yang dikembangkan, 3) mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapan  media pembelajaran  yang  dikembangkan,  4)  mengetahui keterlaksanaan media pembelajaran yang  dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Untuk uji coba produk menggunakan one group pretest-posttest design yaitu membandingkan  nilai pretest dan posttest. Nilai pretest diperoleh sebelum pembelajaran dengan menggunakan robot transporter dan nilai posttest diperoleh setelah  pembelajaran. Dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi media pembelajaran sebesar 88,67% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Untuk hasil validasi butir soal diperoleh skor 86,62% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Sedangankan untuk tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pretest 35,63 dan 85 untuk nilai rata-rata posttest.  Hasil respon mahasiswa terhadap media –robot transporter diperoleh skor rata-rata sebesar 88% dan dikategorikan sangat baik maka media robot transporter layak digunakan dalam proses pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukan hasil skor 4,6 dan masuk dalam kategori sangat baik, sehingga media robot transporter dalam proses kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik.
Downloads
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi pustakarya.
Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R., 2011. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York : David Company.
Azwar, Saifudin. 2012. Kreatif mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta : Referensi
Ratumanan, T.G., Laurens, T., 2003 Evaluasi Hasil Belajar yang relevan dengan kurikulum Berbasis kompetensi. Surabaya : Unesa University Press.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk GuruKaryawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan prinsip dan operasionalnya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Trianto.2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Thiagarajan, dkk. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of
Exceptional Children.Indiana. Indiana University
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.