Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Metode Jigsaw

Authors

  • Linda Yani UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Sadrina Sadrina UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fathiah Fathiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v8i1.16063

Keywords:

Berfikir Kritis, Metode Pembelajaran, Jigsaw.

Abstract

Kemampuan berfikir kritis merupakan pemegang kesuksesan pendidikan revolusi industry 4.0. Pentingnya komampuan ini menjadikannya sebagai isu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik khususnya siswa SMK. Banyaknya siswa yang belum mampu memecahkan persoalan dikelas, belum mampu menguasai materi dengan benar dan kemampuan menjawab pertanyaan guru menjadi landasan permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam memecahkan persoalan pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan penerapan model pembelajaran jigsaw kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrumen soal pretest dan posttest dan angket sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X TITL yang berjumlah 8 orang. Teknik analisis data menggunakan rubrik pedoman penskoran dan kategori kemampuan berfikir kritis. Dengan menggunakan teori berfikir kritis Ennis, disusun angket kuisioner dan soal pretest dan posttes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa meningkat melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi). Saintifik, 2(2), 158–163. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.162

Diyanah, I., & Atok, A. R. Al. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Game Monopoli. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 201. https://doi.org/10.17977/um019v6i1p201-209

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Lubis, S. H. (2019). Efektifitas Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X TAV SMK Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 61–66. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/627

Maria Erna, R. Usman Rery, Wiji Astuti, & Sulismayati. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Termokimia Di Sma Pekanbaru Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.536

Ngalimun. (n.d.). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran.Yogyakarta: Parama Ilmu.

Sari, A. W., & dkk. (n.d.). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsawâ€. Journal of Education Action Research, 3(2).

Suluh, M., & Lede, Y. A. (2021). Pengukuran Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 170. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4687

Uli, C. P. (2014). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Problem Based Instruction (Pbi) Pada Sub-Konsep Pencemaran Air. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/7101

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976

Windasari, A. D., & Cholily, Y. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 623–631. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.462

Downloads

Published

30-03-2023

Issue

Section

Articles