Analisis Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Melalui Kegiatan Magang Industri di CV. Duta Cipta Electrindo (Samsung Service Center Madiun)
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v8i1.16055Keywords:
Analisis, Kemampuan Psikomotorik, Mahasiswa Pendidikan Teknik ElektroAbstract
Penilaian pembelajaran mencakup tiga aspek kemampuan peserta didik, yakni kemampuan kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Kemampuan kongnitif, afektif dan psikomotorik dapat diperoleh dari pembelajaran dikelas namun untuk memaksimalkan kemampuan psikomotorik maka perlu melakukan pembelajaran tambahan dan terjun langsung di lapangan. Kegiatan magang di industri menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Untuk mengetahui efektifitas dari kegiatan tersebut perlunya dilakukan penilaian psikomotorik. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan penelitian tentang analisis kemampuan psikomotorik mahasiswa melalui kegiatan magang industri di CV. Duta Cipta Electrindo (Samsung Service Center Madiun). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mahasiswa menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa adalah 78.42%. Sebanyak 3 aspek penilaian mendapatkan kategori baik, 1 aspek penilaian dengan kategori sangat baik dan 1 aspek penilaian mendapatkan kategori cukup baik.
Downloads
References
Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Atrisman. (2015). Analisis Kemampuan Psikomotorik Dalam Praktikum Biokimia Percobaan Lipid Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Skripsi: Tidak Diterbitkan.
Dahniar, N. (2006). Pertumbuhan Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Observasi Gejala Fisis pada Siswa SMP. (Online).(http://jurnalipi.fiks.word press.com.20070902.nanidahniar. pdf.
Djazari, M. dan Endra, M. (2012). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari IPK D3 dan Asal Perguruan Tinggi. Vol. IX. No: 2-tahun 2011.
Juparyatna, E. (2014). Pengaruh Implementasi Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dalam Praktikum Percobaan Pembuatan BaSO4 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Skripsi: Tidak Diterbitkan.
Syahbani. (2008). Deskripsi Kemampuan Menggunakan Alat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pontianak dalam Praktikum Kimia. Skripsi: Universitas Tanjungpura.
Sudijono, A. (2009). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.