Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Bahan Ajar Berbasis Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Zulfa Husnawati STT Stikma Internasional Malang
  • Niken Dani Safitri STT Stikma Internasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v7i1.12261

Keywords:

e-modul interaktif, berbasis tutorial, multimedia, pandemic covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif sebagai bahan ajar berbasis tutorial pada mata kuliah multimedia yang menarik, layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada tahapan model Lee & Owens, terdiri dari empat tahapan : 1) analysis (need assessment & front-end analysis), 2) Design, 3) Development & Implementation, 4) Evaluation. Subjek penelitian merupakan mahasiswa STT Stikma Internasional semester 5. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, lembar penilaian kelayakan produk, dan angket respon mahasiswa terhadap produk. Hasil penelitian dan pengembangan berupa uji kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain menunjukkan bahwa produk e-modul interaktif sebagai bahan ajar berbasis tutorial yang telah dikembangkan untuk mata kuliah multimedia berada pada kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba respon mahasiswa terhadap produk yang berkaitan pada aspek kemenarikan dan aspek media sebagai pendukung kemandirian belajar meunjukkan hasil yang positif dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-03-2022

Issue

Section

Articles