Kajian Transferable skills Guru Produktif Ditinjau dari Pengalaman Mengajar

Authors

  • Seno Isbiyantoro IPDN Kampus Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10524

Keywords:

Pengalaman belajar, transferable skills, guru produktif.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap  transferable skills pada guru produktif. Yang dimaksud sebagai  transferable skills adalah keterampilan memecahkan masalah, berkomunikasi, berpikir dan menunjukkan kepemimpinan,  baik berupa pengetahuan, nilai-nilai maupun sosial yang dapat di transfer dalam berbagai lingkungan kerja dan lingkungan belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto. Dalam penelitian ini menggunakan 137 sampel guru produktif program studi Teknik Komputer dan Informasi di kota dan kabupaten Malang serta kota Batu. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier, dan analisis korelasi parsial. Nilai signifikansi pada uji F adalah sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga diperoleh hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi variabel pengalaman mengajar memiliki pengaruh terhadap transferable skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2021

Issue

Section

Articles