Implementasi Trainer High Pass Fillter (HPF) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Yussi Anggraini Universitas Billfath

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10523

Keywords:

Media pembelajaran, Hasil Belajar, High pass filter

Abstract

Pencapaian prestasi belajar mahasiswa banyak ditentukan oleh berbagai faktor seperti media pembelajaran yang digunakan. Peran media belajar sungguh memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan memberi perlakuan media belajar trainer HPF dengan tanpa media belajar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa teknik elektro. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dalam penelitian ini subjek diberi perlakuan dengan media trainer kemudian diambil nilai post test, sedangkan nilai pre test dilihat dari mahasiswa mengerjakan tugas secara manual tanpa bantuan media trainer. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara pembelajaran menggunakan media trainer dengan tanpa media belajar. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh hasil yaitu nilai uji t yang diperoleh 8,414 maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran trainer HPF lebih efektif dibandingkan dengan tanpa media pembelajaran. Kelompok yang diberikan perlakuan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,29 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 42,35 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2021

Issue

Section

Articles