Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Berbasis Software Electrical Control Techniques Simulator dengan Model Problem Based Learning Secara Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10518Keywords:
EKTS, Problem Based Learning, Berpikir KritisAbstract
Dalam penelitian hal ini hanya memfokuskan pada penggunaan media dan model pembelajaran pada mata kuliah elektromekanik secara daring yang bersifat praktikum dirasa kurang tepat sedangkan mahasiswa masih pasif sehingga dikelas mahasiswa tidak memperhatikan saat diberikan materi oleh dosen masih banyak mahasiswa yang terkadang sulit memahami materi yang bersifat praktikum. Oleh karena itu peneliti akan merepkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media pembelajaran berbasis software EKTS ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis software EKTS dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan satu kelas sebagai sampel didapatkan menggunakan teknik sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes soal uraian kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu The One Grup Pretest-Posstest Desaign dan menggunakan uji hipotesis uji t. hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi sebesar 5% memperlihatkan bahwa : Tthitung 4,5005 > 1,894 Ttabel H1 diterima,artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis software EKTS ( Electrical Control Techniques Simulator) dengan model problem based learning secara daring terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.