Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Teks LHO Melalui Permainan Kata di Kelas X DKV SMK S Cendekia Madiun Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Erlinda Septika Susanti Universitas PGRI Madiun
  • Panji Kuncoro Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Harning Diah Juni Astuti

Abstract

Pembelajaran Teks LHO di Sekolah memiliki beberapa tujuan, diantaranya yakni siswa mampu menulis teks LHO dengan baik dan benar. Tujuan tersebut menjadi kendala bagi siswa kelas X DKV SMK S Cendekia Madiun karena banyak siswa yang kurang memahami teks LHO. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran teks LHO adalah menerapkan permainan kata dalam pembelajaran. Permasalahan utama dalam pennelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran teks LHO melalui permainan kata di kelas X DKV SMK S Cendekia Madiun. Hasil Akhir dari penelitian ini terdapat pada pra siklus dimana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Siswa yang mampu tuntas belajar hanya sejumlah 7 siswa, dengan nilai tertinggi 80. Kemudian pada sisklus 1 penelitian menerapkan permainan kata dan hasil dari silkus 1 menunjukkan perkembangan yakni siswa yang mencapai tuntas belajar semakin banyak dengan jumlah ketuntasan belajar yakni sebanyak 9 siswa, dengan nilai tertinggi yakni 90. Pada siklus 2 masih dengan permainan kata, hasilnya adalah 10 siswa mencapai ketuntasan dari 11 siswa dengan nilai tertinggi 95. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar setelah metode permianan kata diterapkan dalam pembelajaran menulis teks LHO di kelas X DKV SMK S Cendekia Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles