Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Rizka Lufiana Universitas PGRI Madiun
  • Panji Kuncoro Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Harning Dyah Astutik Universitas PGRI Madiun

Abstract

Perubahan kurikulum yang tadinya menggunakan K13, kini telah berubah dengan kurikulum Merdeka. Hal ini tentu saja menuntut guru agar selalu mengikuti perkembangan zaman dan harus mempunyai inovasi pembelajaran tidak terkesan monoton dan harus berpusat pada peserta didik, dimana peserta didik harus aktif dan terlibat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran. Namun, saat proses pembelajaran, sering kali terlihat peserta didik tidur, malas, dan terkesan ingin segera pulang; apalagi dengan sedikitnya jumlah siswa serta pelajaran Bahasa Indonesia di jam terakhir membuat peserta didik menjadi tidak bersemangat dalam belajar, sehingga menurunkan hasil belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan upaya untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar di siang hari pada jam terakhir pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan rendahnya minat, keaktifan belajar, dan hasil belajar disebabkan kurang variatifnya metode pengajaran dan situasi kelas yang kurang mendukung, maka penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi dampak dari penerapan model TGT yang diharapkan mampu memberikan udara positif dengan membawa perubahan dalam kegiatan belajar mengajar yang berkesan dan penuh energi positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles