Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Kesetaraan Gender di Kelas VI SDN 03 Karangrejo

Authors

  • Munawaroh Putri Rahayu Universitas PGRI Madiun
  • Sumani Universitas PGRI Madiun
  • Nanik Narwati Rahajuningsih Universitas PGRI Madiun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa laki-laki dan perempaun kelas VI di SDN 03 Karangrejo. Penulis menggunakan metode make a match sebagai solusinya dikarenakan metode ini merupakan metode berinteraksi yaitu menentukan pertanyaan-jawaban kepada temannya. Selain untuk meningkatkan hasil belajar serta interaksi sosial pada siswa, metode ini dipilih untuk membuat suasana dalam kelas tidak terlalu tegang. Model pembelajaran make a match dapat dijadikan sebagai alternatif memperbaiki suasana dalam kelas. Melalui model pembelajaran ini siswa juga akan belajar sambil bermain. Di dalam metode ini terdapat beberapa nilai sikap yang diantaranya sikap tanggung jawab terhadap suatu masalah, menumbuhkan kerjasama yang baik, persaingan yang sportif, dan juga melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Metode ini telah diuji coba dan hasilnya pun sesuai yang diharapkan. Siswa sudah mau berinteraksi dengan lawan jenis serta komunikasi mereka pun semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles