Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Siswa Kelas V SDN Karangrejo 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Karangrejo 03 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena masih ada siswa yang kesulitan dalam memahami materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini disebut Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua pertemuan, yang masing-masing pertemuan menggunakan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan pada hasil penelitian dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman Siswa Kelas V SDN Karangrejo 03 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian tersebut pada siklus 1 nilai rata-rata keseluruhan siswa 79 dari KKM, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-ratanya 83 dari KKM. Jika dibandingkan siklus 1 ada kenaikan signifikan pada siklus 2. Hal ini menggambarkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi ibelajar siswa sehingga mereka dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.